Sunday, August 7, 2016

Konseling Individual

Konseling Individual


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami DISINI



  1. 1. KONSELING INDIVIDUAL SENI MEMBANTU ORANG OLEH NANDANG BUDIMAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2014
  2. 2. SKENARIO PELATIHAN • ORIENTASI PELATIHAN (15 MENIT) • MENGKAJI SECARA KRITIS KONSEP-KONSEP DASAR KONSELING INDIVIDUAL (45 MENIT) • MENGKAJI CONTOH KASUS KONSELING BERDASARKAN FILM KONSELING INDIVIDUAL (45 MENIT) • MENGANALISIS KETERLAKSANAAN KONSELING INDIVIDUAL (45 MENIT) • BERLATIH MENGGUNAKAN INSTRUMEN MONITORING DAN FORMAT EVALUASI KETERLAKSANAAN KONSELING INDIVIDUAL (45 MENIT) • REFLEKSI, EVALUASI DAN PENUTUPAN (30 MENIT)
  3. 3. KONSEP KONSELINGKONSEP KONSELING Sumber: DEFINISI : HUBUNGAN YANG BERSIFAT MEMBANTU (HELPING RELATIONSHIP) Hubungan antara pemberi bantuan (konselor) dengan yang dibantu (konseli) ►Berhadap-hadapan ►Surat ►E-counseling (telpon, sms, e-mail) TUJUAN : ►Perubahan perilaku ►Pengentasan masalah ►Kesehatan mental ►Keefektifan pribadi ►Pengambilan Keputusan
  4. 4. DEFINISI KONSELINGDEFINISI KONSELING  Suatu hubungan antara pemberiSuatu hubungan antara pemberi bantuan yang terlatih denganbantuan yang terlatih dengan seorang yang mencari bantuan yangseorang yang mencari bantuan yang diberikan berupa keterampilan dandiberikan berupa keterampilan dan penciptaan suasana yang membantupenciptaan suasana yang membantu orang lain agar dapat belajar untukorang lain agar dapat belajar untuk berhubungan dengan dirinya sendiriberhubungan dengan dirinya sendiri dan orang lain melalui cara-caradan orang lain melalui cara-cara yang lebih tumbuh dan produktifyang lebih tumbuh dan produktif
  5. 5. KUALITAS PRIBADI YANG PERLUKUALITAS PRIBADI YANG PERLU DIMILIKI KONSELORDIMILIKI KONSELOR  Memahami diriMemahami diri  Penerimaan dan penghargaan terhadapPenerimaan dan penghargaan terhadap orang lainorang lain  Keinginan untuk membantu orang lainKeinginan untuk membantu orang lain  Empati terhadap masalah orang lainEmpati terhadap masalah orang lain  Keterbukaan dan ketulusanKeterbukaan dan ketulusan  Kehangatan dan perhatian/kepekaanKehangatan dan perhatian/kepekaan  Stabilitas emosiStabilitas emosi  Kepercayaan dan kejujuranKepercayaan dan kejujuran  KesabaranKesabaran
  6. 6. 1) ATTENDING 2) RESPONDING1) ATTENDING 2) RESPONDING 3) PERSONALIZING3) PERSONALIZING 4) INITIATING4) INITIATING
  7. 7. FONDASI KEBERHASILANFONDASI KEBERHASILAN KONSELING:KONSELING:  AltruistikAltruistik Dorongan untuk membantuDorongan untuk membantu  EmpatiEmpati Gerakan psikologis konselorGerakan psikologis konselor dari ruang psikologisnyadari ruang psikologisnya masuk pada ruangmasuk pada ruang psikologis konselipsikologis konseli  Opend MindednessOpend Mindedness Keterbukaan konselor untukKeterbukaan konselor untuk menerima konseli apamenerima konseli apa adanyaadanya  ConcretenessConcreteness Menunjukkan diri apaMenunjukkan diri apa adanyaadanya  RealisticRealistic Melakukan sesuatu sesuaiMelakukan sesuatu sesuai dengan kemampuandengan kemampuan (konseli)(konseli)
  8. 8. PRAKTEK KOSELING KONSELING MAKRO Praktek konseling dari tahap awal sampai tahap akhir atau praktek konseling per tahap Mulai dari attending, responding, personalizing, initiating KONSELING MIKRO Praktek konseling per teknik Misalnya, praktek teknik bertanya tertutup dan bertanya terbuka
  9. 9. ATTENDINGATTENDING  Proses pelibatan konseli keProses pelibatan konseli ke dalam suasana konselingdalam suasana konseling  Attending personallyAttending personally  ObservingObserving  ListeningListening  Pada tahap attending minimalPada tahap attending minimal ditemukan gambaran : who,ditemukan gambaran : who, what, why, when, where, howwhat, why, when, where, how
  10. 10. RESPONDINGRESPONDING  Proses memahamiProses memahami permasalahan individupermasalahan individu  Konselor memahamiKonselor memahami permsalahan konseli melaluipermsalahan konseli melalui eksplorasi, pararashing,eksplorasi, pararashing, konfrontasi, dll terhadapkonfrontasi, dll terhadap kronologis, perasaan,kronologis, perasaan, pemikiran, dan makna.pemikiran, dan makna.
  11. 11. PERSONALIZINGPERSONALIZING  UPAYA KONSELOR UNTUK MEMBERIUPAYA KONSELOR UNTUK MEMBERI PEMAHAMAN YANG TEPAT KEPADAPEMAHAMAN YANG TEPAT KEPADA KONSELI/YANG DIBIMBING TENTANGKONSELI/YANG DIBIMBING TENTANG MASALAH YANG DIALAMINYAMASALAH YANG DIALAMINYA KONSELI MEMAHAMI DENGAN TEPATKONSELI MEMAHAMI DENGAN TEPAT MASALAH YANG DIALAMINYAMASALAH YANG DIALAMINYA KONSELI MEMILIKI ALTERNATIFKONSELI MEMILIKI ALTERNATIF PILIHAN JALAN KELUAR DARIPILIHAN JALAN KELUAR DARI MASALAH YANG DIALAMINYAMASALAH YANG DIALAMINYA KONSELI MEMILIKI KOMITMEN UNTUKKONSELI MEMILIKI KOMITMEN UNTUK KELUAR DARI MASALAHNYAKELUAR DARI MASALAHNYA KONSELI MAMPU MENGAMBIL SATUKONSELI MAMPU MENGAMBIL SATU ATAU LEBIH ALTERNATIF PEMECAHANATAU LEBIH ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH UNTUK DIJADIKAN SOLUSIMASALAH UNTUK DIJADIKAN SOLUSI
  12. 12. INITIATINGINITIATING  TINDAKAN UNTUKTINDAKAN UNTUK MENGIMPLEMENTASIKAN SOLUSIMENGIMPLEMENTASIKAN SOLUSI YANG DIAMBIL KONSELI/YANGYANG DIAMBIL KONSELI/YANG DIBIMBINGDIBIMBING ADA EVALUASI TERHADAP SOLUSIADA EVALUASI TERHADAP SOLUSI YANG DIAMBILYANG DIAMBIL PENGUATAN KOMITMEN UNTUKPENGUATAN KOMITMEN UNTUK MENGIMPLEMENTASIKAN SOLUSIMENGIMPLEMENTASIKAN SOLUSI PENGEMBANGAN PROGRAMPENGEMBANGAN PROGRAM IMPLEMENTASI SOLUSIIMPLEMENTASI SOLUSI IMPLEMENTASI SOLUSIIMPLEMENTASI SOLUSI EVALUASI TERHADAP IMPLEMENTASIEVALUASI TERHADAP IMPLEMENTASI SOLUSISOLUSI
  13. 13. TEKNIK WAWANCARA KONSELINGTEKNIK WAWANCARA KONSELING  TEKNIK EMPATITEKNIK EMPATI Saya sangat gembira atas kedatanganSaya sangat gembira atas kedatangan Anda ke sini ?Anda ke sini ? Saya salut, meski Anda banyak dirundungSaya salut, meski Anda banyak dirundung masalah masih sanggup mendiskusikanmasalah masih sanggup mendiskusikan hal ini dengan saya ?hal ini dengan saya ? Saya terharu mendengar ceritra Anda ….Saya terharu mendengar ceritra Anda …. dan saya…mersakan apa yang Andadan saya…mersakan apa yang Anda rasakan saat ini.rasakan saat ini. Sungguh saya bisa merasakan apa yangSungguh saya bisa merasakan apa yang Anda rasakan saat itu. Anda luar biasa…..,Anda rasakan saat itu. Anda luar biasa….., dalam suasana emosional masih bisadalam suasana emosional masih bisa mengendalikan diri.mengendalikan diri.
  14. 14.  BERTANYA TERBUKABERTANYA TERBUKA Bagaimana kejadiannya? CobaBagaimana kejadiannya? Coba jelaskan !jelaskan ! Saya ingin mengetahui,Saya ingin mengetahui, bagaimana Anda bisa kelirubagaimana Anda bisa keliru dalam melakukan tugas ? Cobadalam melakukan tugas ? Coba jelaskan!jelaskan! Coba jelaskan, mengapa AndaCoba jelaskan, mengapa Anda ingin membicarakan hal ini padaingin membicarakan hal ini pada saya ?saya ?
  15. 15.  BERTANYA TERTUTUPBERTANYA TERTUTUP Benarkah Anda yang bernama Nandang ?Benarkah Anda yang bernama Nandang ? Benarkah Anda sejak dulu sangatBenarkah Anda sejak dulu sangat menyukai wanita bernama Leiha ?menyukai wanita bernama Leiha ? Apakah wanita itu mendampingi AndaApakah wanita itu mendampingi Anda makan siang kemarin ?makan siang kemarin ? Benarkah Anda dibekap dan lalu diambilBenarkah Anda dibekap dan lalu diambil semua uang Anda oleh wanita itu padasemua uang Anda oleh wanita itu pada saat diperjalanan ?saat diperjalanan ? Masih sadarkah Anda ketika diturunkanMasih sadarkah Anda ketika diturunkan dari mobil olehnya, dengan dicampakkandari mobil olehnya, dengan dicampakkan begitu saja ?begitu saja ? Apakah Anda sekarang masihApakah Anda sekarang masih mencintainya ?mencintainya ?
  16. 16.  DORONGAN MINIMALDORONGAN MINIMAL ……..lalu……?..lalu……? Selanjutnya…..?Selanjutnya…..? Setelah itu ……?Setelah itu ……? Kemudian …….?Kemudian …….?
  17. 17.  MENYIMPULKAN SEMENTARAMENYIMPULKAN SEMENTARA (PRAPRASHING)(PRAPRASHING) Tampaknya Anda cukup kecewa olehTampaknya Anda cukup kecewa oleh atasan Anda, apakah saya salah ?atasan Anda, apakah saya salah ? Setelah menyimak pembicaraanSetelah menyimak pembicaraan Anda, saya berkesimpulan bahwaAnda, saya berkesimpulan bahwa Anda ingin segera naik pangkat.Anda ingin segera naik pangkat. Betulkah seperti itu ?Betulkah seperti itu ? Kelihatannya Anda ingin segeraKelihatannya Anda ingin segera menikah. Betulkah begitu ?menikah. Betulkah begitu ? Tampaknya Anda merasa berdosaTampaknya Anda merasa berdosa atas kelakuan yang telah dilakukan.atas kelakuan yang telah dilakukan. Benarkah begitu ?Benarkah begitu ?
  18. 18.  TEKNIK KONFRONTASITEKNIK KONFRONTASI Anda menyatakan bersedih, tapi rautAnda menyatakan bersedih, tapi raut muka Anda menunjukan sangatmuka Anda menunjukan sangat gembira dengan kematian temangembira dengan kematian teman Anda ? Bukankah ini kebongan?Anda ? Bukankah ini kebongan? Anda keliru. Masa kriminal seperti iniAnda keliru. Masa kriminal seperti ini dianggap sederhana. Tahukah andadianggap sederhana. Tahukah anda bahwa pencurian itu termasukbahwa pencurian itu termasuk krimial berat ?krimial berat ? Bagaimana mungkin Anda sedangBagaimana mungkin Anda sedang sakit parah dapat menolong orangsakit parah dapat menolong orang lain ?lain ?
  19. 19.  TEKNIK PENGUATANTEKNIK PENGUATAN Bagus.., itu merupakan sikap jantan.Bagus.., itu merupakan sikap jantan. Baik, saya tahu pasti kamu akan mampuBaik, saya tahu pasti kamu akan mampu melakukannya?melakukannya? Jika kamu memutuskan akan mengubahJika kamu memutuskan akan mengubah diri lebih baik, saya sangat menghargaidiri lebih baik, saya sangat menghargai keinginanmu.keinginanmu. Baik …., saya dukung keputusanmu.Baik …., saya dukung keputusanmu. Kamu hebat…., meski penuh denganKamu hebat…., meski penuh dengan tantangan, kamu masih sangguptantangan, kamu masih sanggup menghadapi hid up dan menata masamenghadapi hid up dan menata masa depan lebih baik.depan lebih baik.
  20. 20.  MENGAJAK BERPIKIRMENGAJAK BERPIKIR Mengapa kamu harus kecewa,Mengapa kamu harus kecewa, bukankah kamu punya Tuhan ?bukankah kamu punya Tuhan ? Coba cek kembali pekerjaanmu!Coba cek kembali pekerjaanmu! Saya yakin pasti ada yangSaya yakin pasti ada yang keliru.keliru. Coba pikirkan kembaliCoba pikirkan kembali keputusanmu, jangan-jangankeputusanmu, jangan-jangan terlalu berisiko !terlalu berisiko !
  21. 21. MATERI MONITORING DAN EVALUASIMATERI MONITORING DAN EVALUASI PRAKTIK PELAYANAN PEMINATANPRAKTIK PELAYANAN PEMINATAN MELALUI KONSELING INDIVIDUALMELALUI KONSELING INDIVIDUAL  DATA PESERTA DIDIK/ KONSELIDATA PESERTA DIDIK/ KONSELI o Diidentifikasi dari hasil asesmenDiidentifikasi dari hasil asesmen o Patut mendapatkan layanan konseling individualPatut mendapatkan layanan konseling individual o Ada spesifikasi masalah yang dialami danAda spesifikasi masalah yang dialami dan alternatif strategi /cara konselingnyaalternatif strategi /cara konselingnya o Perimbangan jumlah konselor-konseliPerimbangan jumlah konselor-konseli  PANDUAN KONSELING INDIVIDUALPANDUAN KONSELING INDIVIDUAL o Panduan tertulis dan didisain secara menarikPanduan tertulis dan didisain secara menarik o Panduan minimal terdiri atas rasional, tujuan,Panduan minimal terdiri atas rasional, tujuan, asas, mekanisme, waktu, tempat.asas, mekanisme, waktu, tempat.
  22. 22. MATERI MONITORING DAN EVALUASIMATERI MONITORING DAN EVALUASI PRAKTIK PELAYANAN PEMINATANPRAKTIK PELAYANAN PEMINATAN MELALUI KONSELING INDIVIDUALMELALUI KONSELING INDIVIDUAL  JADWAL PELAYANAN KONSELING INDIVIDUALJADWAL PELAYANAN KONSELING INDIVIDUAL o Tertulis dan didisain secara menarikTertulis dan didisain secara menarik o Mudah dicek atau dilihatMudah dicek atau dilihat o Sudah onlineSudah online  FORMAT JURNAL KONSELING INDIVIDUALFORMAT JURNAL KONSELING INDIVIDUAL o Identitas konseliIdentitas konseli o Waktu konselingWaktu konseling o Deskripsi maslah konseliDeskripsi maslah konseli o Strategi konseling yang dilakukanStrategi konseling yang dilakukan o Deskripsi hasil (perubahan konseli)Deskripsi hasil (perubahan konseli) o Dukungan dan/atau hambatanDukungan dan/atau hambatan o Tindak lanjutTindak lanjut
  23. 23. MATERI MONITORING DAN EVALUASI PRAKTIKMATERI MONITORING DAN EVALUASI PRAKTIK PELAYANAN PEMINATANPELAYANAN PEMINATAN MELALUI KONSELING INDIVIDUALMELALUI KONSELING INDIVIDUAL  FORMAT RUJUKAN ATAU ALIH TANGAN KASUSFORMAT RUJUKAN ATAU ALIH TANGAN KASUS o Identitas konseliIdentitas konseli o Identitas ahli / sejawat yang dirujukIdentitas ahli / sejawat yang dirujuk o Deskripsi maslah konseliDeskripsi maslah konseli o Penanganan yang pernah dialmiPenanganan yang pernah dialmi o Isi referalIsi referal o Titi mangsa disertai tanda tangan konselor danTiti mangsa disertai tanda tangan konselor dan kepala sekolahkepala sekolah  FORMAT LAPORAN HASIL KONSELING INDIVIDUALFORMAT LAPORAN HASIL KONSELING INDIVIDUAL o Identitas konseliIdentitas konseli o Deskripsi masalah yang dialamiDeskripsi masalah yang dialami o Strategi konseling yang dipilihStrategi konseling yang dipilih o Hasil konseling/ perubahan perilakuHasil konseling/ perubahan perilaku o Tindak lanjutTindak lanjut o Titi mangsa dan tanda tangan konselorTiti mangsa dan tanda tangan konselor
  24. 24. INSTRUMEN MONITORING PRAKTIKINSTRUMEN MONITORING PRAKTIK PELAYANAN PEMINATANPELAYANAN PEMINATAN MELALUI KONSELING INDIVIDUALMELALUI KONSELING INDIVIDUAL NO. INDIKATOR MONITORING KETERSE- DIAAN D U H M L M YA TDK a. TERSEDIA DATA PESERTA DIDIK YG DIIDENTIFIKASI DARI ASESMEN PATUT MENDAPATKAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL b. TERSEDIA PANDUAN TERTULIS DAN JADWAL PELAYANAN KONSELING INDIVIDUAL
  25. 25. INSTRUMEN MONITORING PRAKTIKINSTRUMEN MONITORING PRAKTIK PELAYANAN PEMINATANPELAYANAN PEMINATAN MELALUI KONSELING INDIVIDUALMELALUI KONSELING INDIVIDUAL NO. INDIKATOR MONITORING KETERSE- DIAAN D U H M L M YA TDK c. TERSEDIA FORMAT JURNAL KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENCATAT LAYANAN KONSELING YANG TELAH DILAKSANAKAN d. TERSEDIA FORMAT RUJUKAN ATAU ALIH TANGAN KASUS d. TERSEDIA DAN TERISI FORMAT LAPORAN HASIL KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TETAP MEMPERHATIKAN ASAS
  26. 26. INSTRUMEN EVALUASI PRAKTIKINSTRUMEN EVALUASI PRAKTIK PELAYANAN PEMINATANPELAYANAN PEMINATAN MELALUI KONSELING INDIVIDUALMELALUI KONSELING INDIVIDUAL Skala 1 : tidak tersediaSkala 1 : tidak tersedia Skala 2 : tersedia namun banyakSkala 2 : tersedia namun banyak aspek yang perlu diperbaikiaspek yang perlu diperbaiki Skala 3 : tersedia namun masihSkala 3 : tersedia namun masih perlu dianalisis secara manualperlu dianalisis secara manual Skala 4 : tersedia danSkala 4 : tersedia dan diolahdengan programdiolahdengan program komputerkomputer
  27. 27. INSTRUMEN EVALUASI PRAKTIKINSTRUMEN EVALUASI PRAKTIK PELAYANAN PEMINATANPELAYANAN PEMINATAN MELALUI KONSELING INDIVIDUALMELALUI KONSELING INDIVIDUAL No. INDIKATOR EVALUASI SKALA 1 2 3 4 a. DATA PESERTA DIDIK YG DIIDENTIFIKASI DARI ASESMEN PATUT MENDAPATKAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL b. PANDUAN TERTULIS DAN JADWAL PELAYANAN KONSELING INDIVIDUAL
  28. 28. INSTRUMEN EVALUASI PRAKTIKINSTRUMEN EVALUASI PRAKTIK PELAYANAN PEMINATANPELAYANAN PEMINATAN MELALUI KONSELING INDIVIDUALMELALUI KONSELING INDIVIDUAL NO. INDIKATOR EVALUASI SKALA 1 2 3 4 c. FORMAT JURNAL KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENCATAT LAYANAN KONSELING YANG TELAH DILAKSANAKAN d. FORMAT RUJUKAN ATAU ALIH TANGAN KASUS e. FORMAT LAPORAN HASIL KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TETAP MEMPERHATIKAN ASAS KONFIDENSIALITAS
  29. 29. Di Irian ada cendrawasihDi Irian ada cendrawasih Sekian dan terima kasihSekian dan terima kasih Kunci Sukses :Kunci Sukses : BeberjaBeberja keraskeras,, cerdascerdas, dan, dan ihlasihlas

No comments:

Post a Comment