Friday, August 19, 2016

Contoh Satuan Layanan Bimbingan Konseling

Contoh Satuan Layanan Bimbingan Konseling


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami  DISINI

Arti dari minat membaca
Minat adalah perasaan senang melakukan sesuatu untuk terlibat dengan hal-hal yang berkaitan dengan minat membaca
       ii.            Manfaat dari minat membaca yakni:
a.       Meningkatakan pengembangan diri
Dengan membaca seseorang dapat menigkatkan ilmu pengetahuan.Sehingga daya nalarnya berkembang dan berpandangan luas yang akan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.
b.      Memenuhi tuntutan Intelektual
Dengan membaca buku,  Pengetahuan bertambah dan perbendaharaan kata-kata meningkat, melatih imajinasi dan daya piker sehingga terpenuhi kepuasan intelektual.
c.       Memenuhi kepentingan dihup
Dengan membaca akan memperoleh pengetahuan yang praktis yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.Misalnya dengan membaca cara perawatan buku,maka akan diperoleh pengetahuan perawatan buku.
d.      Menigkatkan minat pada suatu bidang
Seseorang yang senang dengan buku internet misalnya dengan makin membaca buku-buku tentang internet, minatnya akan meningkatkan untuk mempelajarinya lebih mendalam.
e.       Mengetahui hal-hal yang actual
Dengan membaca seseorang dapat mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan tanpa harus pergi ke lokasi misalnya ada gempa bumu,kebakaran dan peperangan.
      iii.            Cara meningkatkan membaca yakni:
a.       Menciptakan suasana kelas yang mendukung dengan menempel pajangan hasil karya siswa dengan rapi serta slogan-slogan ajakan agar siswa gemar membaca
b.      Menyediakan buku-buku bacaan yang memadai, baik dari segi kuantitas judul buku maupun kualitas buku di perpustakaan dan setiap ruang kelas.
c.       Menciptakan antusiasme pada diri sendiri terhadap pentingnya membaca buku.
d.      Adanya rak buku yang dipajang rapid an menarik untuk dieksplorasi.
e.       Menyediakan tempat membaca buku dirumah dan disekolah misalnya di depan-depan kelas.
video kegiatan:


Sumber Pustak :
Prasetyono, Dwi Sunar.2008.Rahasia Gemar Membaca.Yogyakarta:Think



Satuan Layanan Bimbingan

A.     Pokok Bahasa                    :Minat Membaca
B.     Tugas Perkembangan          :Mengembangakan minat menbaca yang baik
C.     Bidang Bimbingan   :Belajar
D.     Jenis Layanan                     :Pemberian informasi dan Bimbingan Klasikal
E.      Fungsi Bimbingan                :Pemahaman, Pengembangan dan Pencegahan
F.      Sasaran                              :Siswa kelas X SMA
G.     Standar Kompetensi           :Sesudah mengikuti kegiatan ini siswa diharapkan dapat memahami dan meningkatkan minat membaca yang baik
H.     Kompetensi Dasar              :Agar siswa memiliki minat membaca
I.        Indikator                            :Sesudah mengikuti kegiatan ini siswa diharapkan:
1.      Menjelaskan Arti minat membaca
2.      Menyebutkan manfaat dari minat membaca
3.      Menyebutkan cara-cara untuk meningkatkan minat membaca
J.       Materi                                :
1.      Arti minat membaca
2.      Manfaat dari minat membaca
3.      Cara-cara meningkatkan minat membaca
K.    Metode                              :Ceramah singkat, Instrumen, Tanya jawab, dan sharing
L.      Waktu                                :1x24 menit
M.   Tempat                               :Ruang Kelas
N.    Media                                :Handout, Instrumen, Laptop, LCD
O.    Prosedur                            :
1
Intrakurikuler
Waktu
2
Pembukaan
Memberikan pengantar dengan menjelaskan definisi minat membaca
5^
3
Menjelaskan manfaat dari minat membaca
10^
4
Menjelaskan cara-cara meningkatkan minat membaca
5^
5
Mengisi lembaran instrument yang dibagikan sesuai dengan penjelasan
10^
6
Mengecek jawaban dalam instrument, dan beberapa siswa diminta untuk mensharingkan jawabannya serta siswa juga diminta untuk menentukan usaha-usaha untuk mewujudkan minat membaca yang baik
5^
7
Menarik kesimpulan dari kegiatan yang telah diselenggarakan
5^
8
Meminta siswa untuk membuat pernyataan hasil belajar setelah mengikuti kegiatan ini
5^
Kegiatan Kokurikuler:Siswa diminta secara konsekuen melakukan hal-hal yang direncanaka untuk meningkatakan minat membacanya.
P.      Evaluasi                              :
1.      Spesifik            :
a.       Jelaskan arti minat membaca!
b.      Jelaskan manfaat minat membaca!
c.       Jelaskan cara-cara meningkatkan minat membaca!
2.      Global              :Seberapa besar manfaat kegiatan ini bagi kamu?
a.       Sangat Bermanfaat!
b.      Bermanfaat!
c.       Kurang Bermanfaat!
Q.    Rencana Tindak Lanjut       :Konseling bagi yang membutuhkan
R.     Sumber Pustaka                 :
Prasetyono, Dwi Sunar.2008.Rahasia Gemar Membaca.Yogyakarta:Think

Mengetahui                                                                            Yogyakarta,22 Desember 2010
Koordinator Bk                                                                     Perencana Pelayanan
Kepala Sekolah                                                                      Guru BK
(…………………)                                                             (………………….)

No comments:

Post a Comment