Tuesday, October 11, 2016

SATUAN PAPAN BIMBINGAN

SATUAN PAPAN BIMBINGAN


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami  DISINI


Materi
INTERNET SEHAT
PEDOMAN BERGAUL DI JEJARING SOSIAL
1. Memasang profile diri secukupnya saja, tidak perlu terlalu lengkap seperti alamat rumah/ sekolah, nomor telepon, dan sebagainya karena rentan dimanfaatkan oleh orang yang memiliki niat tidak baik.
2. Waspadalah ketika mengadakan pertemuan offline (face-to-face) dengan seseorang yang baru pertama kali dikenal di internet. Kalaupun harus bertemu ajaklah beberapa teman atau anggota keluarga yang lebih dewasa untuk menemani dan lakukan pertemuan di tempat publik yang ramai.
3. Jangan memajang foto yang kurang pantas karena berpotensi disalahgunakan oleh orang lain yang dapat merugikan kita.
4. Lebih selektif dalam meng-approve atau meng-add teman, khususnya yang tidak dikenal sebelumnya.
5. Ingatlah bahwa apa yang ditulis di situs jejaring sosial akan dibaca banyak orang dan tersebar luas. Dampaknya bisa merugikan diri sendiri ataupun pihak lain, dan sangat mungkin berujung pada tuntutan hokum. Think before posting!
CYBER BULLYING 
Cyber bullying adalah perilaku anti sosial yang melecehkan ataupun merendahkan seseorang, kebanyakan me nimpa anak–anak dan remaja, baik yang dilakukan secara online atau melalui telepon selular. Cyberbullying memanfaatkan pesan (SMS), email, instant messaging (IM), blog, situs jejaring sosial, atau halaman web untuk mengganggu, mempermalukan dan mengintimidasi anak. Bentuk cyberbullying bermacam– macam seperti menyebarkan isu-isu palsu, memposting foto-foto memalukan, pelecehan seksual, ancaman hingga tindakan yang berbuntut pemerasan.
TIPS MENCEGAH DAN MENGHENTIKAN CYBER BULLYING 
1. Jangan merespon. Para pelaku bullying selalu menunggu– nunggu reaksi korban. Untuk itu jangan terpancing untuk merespon aksi pelaku agar mereka tidak lantas merasa diperhatikan.
2. Jangan membalas aksi pelaku. Membalas apa yang dilakukan pelaku cyberbullying akan membuat anda menjadi pelaku dan makin menyuburkan aksi tak menyenangkan ini.
3. Adukan pada orang yang dipercaya. Bila anda mengalami hal ini laporkanlah kepada orang tua, guru atau guru BK di sekolah.
4. Simpan semua bukti. Oleh karena aksi ini berlangsung di media digital, korban akan lebih mudah meng-capture, lalu menyimpan pesan, gambar, atau materi pengganggu lainnya yang dikirim pelaku, untuk kemudian menjadikannya sebagai barang bukti.
5. Segera blokir aksi pelaku. Jika materi-materi pengganggu muncul dalam bentuk pesan instan, teks, atau komentar profil, gunakan privasi untuk memblock pelaku. Jika terjadi saat chatting segera tinggalkan chatroom.
6. Selalu berperilaku sopan di dunia maya. Perilaku buruk yang dilakukan seperti membicarakan orang lain, bergosip, atau memfitnah, akan meningkatkan risiko seseorang menjadi korban cyberbullying.
7. Jadilah teman, jangan hanya diam. Ikut meneruskan pesan fitnah dan tidak berbuat apa-apa akan menyuburkan aksi bullying dan menyakiti perasaan korban. Suruh pelaku menghentikan aksinya, atau jika jika pelaku tidak diketahui bantu korban menenangkan diri dan laporkan kasus tersebut kepada pihak yang berwenang.
TIPS MENGGUNAKAN INTERNET YANG SEHAT
  1. Jadilah orang yang bertanggung jawab ketika online.
  2.  Jangan ikut menyebarkan pesan atau gambar atau material lain yang bisa menyakiti seseorang.
  3. Share gambar hanya pada orang yang anda kenal dan percaya.
  4. Tolak jika ada orang asing mengajak anda bertemu, meski mereka adalah teman online anda. Sampaikan ke orang tua anda. Kalaupun memang harus bertemu ajaklah orang tua atau teman terdekat anda.
  5. Gunakan webcam hanya dengan orang yang anda kenal, disconnect ketika tidak menggunakannya lagi.

No comments:

Post a Comment