Format Perumusan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pelajaran Fisika Untuk Kelas IV
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami DISINI
Standar kompetensi dan kompetensi dasar kelas iv
Tentang
Materi pokok yang berhubungan dengan fisika
Standar Kompetensi 
 | 
Kompetensi Dasar 
 | 
Indikator 
 | 
Benda dan Sifatnya 
6.   Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda  berdasarkan sifatnya 
 | 
6.1   Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu 
6.2   Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud  cair àpadat à cair; cair à gas à cair;  padat à gas 
6.3   Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya  
 | 
·   Mengidentifikasi sifat benda padat, cair dan gas. 
·   Mengelompokkan benda-benda berdasarkan wujudnya. 
·   Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula 
·   Menjelaskan faktor yang mempengaruhi wujud benda. 
·   Memberikan contoh perubahan wujud benda. 
·  Mengidentifikasi kesesuaian sifat bahan dengan kegunaannya misalnya plastic untuk jas hujan. 
·  Membandingkan berbagai bahan tertentu sesuai sifat dan kegunannya, misalnya penyerapan air pada berbagai kertas 
 | 
Semester    :     2 (dua)          Materi Pokok  :     Gaya
Standar Kompetensi 
 | 
Kompetensi Dasar 
 | 
Indikator 
 | 
Energi dan Perubahannya 
7.  Memahami gaya  dapat  mengubah  gerak dan/atau  bentuk suatu benda 
 | 
7.1  Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda 
7.2  Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda 
 | 
·  Membuat daftar berbagai gerak benda. 
·  Mendemonstrasikan cara menggerakan benda, misal didorong dan ditarik. 
·  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gerak benda. 
 | 
Semester    :     2 (dua)          Materi Pokok  :     Bentuk Energi dan Kegunaannya
Standar Kompetensi 
 | 
Kompetensi Dasar 
 | 
Indikator 
 | 
8.Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
8.1  Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta  sifat-sifatnya 
8.2  Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya 
8.3  Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan  perubahan energi gerak akibat pengaruh udara,  misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut  
8.4  Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik 
 | 
·  Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, misalnya gesekan benda, matahari. 
·  Mendemonstrasikan adanya perpindahan panas. 
·  Membuat daftar sumber-sumber bunyi yang ada disekitar kita. 
·  Mengidentifikasi sumber-sumber energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar. 
·  Menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar. 
·  Membedakan perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas. 
·  Mencari informasi berbagai sumber energi alternatif. 
·  Memberi contoh benda-benda yang menggunakan sumber energi alternatif, misalnya mobil bertenaga surya. 
·  Memberi contoh penggunaan energi alternatif. 
·  Menentukan karya/model yang akan dibuat, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut. 
·  Menentukan bahan dan alat yang akan digunakan. 
·  Membuat karya/model sesuai dengan rancangan. 
·  Menguji karya/model dan dapat menyempurnakannya. 
·  Menerapkan keamanan kerja dan menjaga kebersihan lingkungan. 
·  Menyimpulkan bentuk rancangan terbaik. 
·  Mengientifikasi alat-alat musik dan cara penggunaannya. 
·  Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik. 
·  Membedakan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik. 
 | 

No comments:
Post a Comment