Sunday, March 5, 2017

Contoh PTK PAI SMP

Contoh PTK PAI SMP 

JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini

Atau Cek FB Kami  DISINI



BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran sebagai modal awal siswa Madrasah Tsanawiyah terutama mata pelajaran Akidah Akhlak adalah pelajaran yang mendalami dasar keyakinan seorang siswa sebagai lanjutan peserta didik di madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari tentang Rukun Iman, mulai dari iman kepada Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, Hari Akhir sampai iman kepada Qadla dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap Iman kepada Malaikat-malaikat Allah dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Download PTK SMP lengkap.

Secara substansial mata pelajaran Akidah Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan beriman kepada Allah dan malaikat dalam kehidupan sehari-hari dengan metode-metode yang sesuai untuk tercapainya proses belajar mengajar. Jasa Pembuatan PTK.

Mutu pembelajaran tidak akan mungkin tercapai tanpa performance siswa yang peka, kritis, mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab. Sebab menurut Guthrie dan Reed dalam M. Sukardi (1999: 176-182) siswa merupakan salah satu sumber daya manusia yang menentukan mutu pembelajaran. Performance siswa yang produktif, berprestasi dan mandiri sebagai salah satu indikasi penting mutu pembelajaran, dapat dilihat dari hasil setiap kegiatan belajarnya. Hal ini terkait pula dengan pemahaman siswa, karena tinggi rendahnya prestasi siswa juga hasil prestasi belajar siswa dari upaya kegiatan belajarnya. PTK Pendidikan Agama Islam.

Kemajuan dan perkembangan IPTEK serta perubahan masyarakat yang sangat cepat menuntut keharusan para guru mengikuti perkembangan keahliannya, seperti halnya guru akidah akhlak akan mengembangkan keahliannya di bidang akidah akhlak. Dengan demikian, guru mempunyai tugas yang semakin komplek dalam tugasnya. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya baik secara individual maupun kelompok.

Dalam konteks nilai paedagogis guru juga bertugas membantu, membimbing dan memimpin siswanya dalam pemahaman ini. Mohammad Rivai dalam Suryo Subroto (2002: 4) mengatakan bahwa di dalam situasi pengajaran, gurulah yang memimpin dan bertanggung jawab penuh atas kepemimpinannya yang dilakukan itu. Ia tidak melakukan instruksi-instruksi, dan tidak berdiri di bawah instruksi manusia lain kecuali dirinya sendiri, setelah masuk dalam situasi kelas. Contoh laporan PTK.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan sebelumnya, penyusunan ptk rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut, bagaimanakah meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman kepada malaikat Allah dengan menggunakan metode diskusi di kelas VII MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi.
Secara spesifik rumusan masalah dijabarkan menjadi pertanyaan-pertanyaan penelitian sebagai berikut:
1.    Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus I di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi?
2.    Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus II di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi?
3.    Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus III di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui bagaimana strategi meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah dengan teknik diskusi di kelas VII MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi. Manfaat penelitian tindakan kelas.
Berdasarkan rumusan masalah yang diajukan maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk:
1.    Meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus I di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi.
2.    Meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus II di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi.
3.    Meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus III di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi
Adapun manfaat penelitian yang diharapkan dapat diraih dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagi Kepala Sekolah: sebagai sarana pembinaan kepada guru-guru akidah akhlak untuk mempertimbangkkan penggunaan metode teknik diskusi.
2.    Bagi guru bidang studi Akidah Akhlak: sebagai sarana untuk meningkatkan hasil proses mengajar bidang studi PAI umumnya dan Akidah Akhlak khususnya.
3.    Bagi teman sejawat: sebagai sarana untuk belajar dalam Penelitian Tindakan Kelas dengan metode yang berbeda sehingga memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dalam penelitian tindakan kelas.

No comments:

Post a Comment