Friday, February 3, 2017

PTK Menurut Bahasa

 PTK Menurut Bahasa

  JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

         

Atau Cek FB Kami  DISINI  



Secara bahasa ada tiga istilah yang berkaitan dengan penelitian tindakan keleas (PTK), yakni penelitian, tindakan, dan kelas. Pertama, penelitian adalah suatu perlakuan yang menggunakan metologi untuk memecahkan suatu masalah. Kedua, tindakan dapat diartikan sebagai perlakuan yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki mutu. Ketiga kelas menunjukkan pada tempat berlangsungnya tindakan. (Sanjaya,2010:25)
Arikunto (2006) menerangkan bahwa PTK itu kombinasi dari tiga kata yakni penelitian, tindakan dan kelas, arti dari kata-kata tersebut ialah:
Penelitian: aktivitas mengamati objek tertentu dengan cara dan metodologi untuk mendapatkan data dan hasil yang berguna untuk memberikan solusi suatu permasalahan.
Tindakan: suatu aktivitas yang dikerjakan dengan memiliki maksud tertentu. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas bentuknya berupa seikat rangkain kegiatan.
Kelas: sekumpulan peserta didik yang menerima pelajaran yang sama oleh seorang guru dalam waktu yang bersamaan pula. Siswa yang belajar bukan hanya terbatas di dalam ruangan saja, namun bisa saat siswa sedang praktikum, karya wisata atau bisa dimana saja selagi dalam bimbingan seorang guru.
Berdasarkan definisi di atas maka hal-hal yang terdapat di sebuah kelas yang bisa dijadikan objek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah:
1. Siswa, bisa diamati objeknya saat peserta didik sedang dalam proses belajar mengajar. Contoh permasalahan tentang peserta didik yang bisa dijadikan objek PTK diantaranya ketrampilan berfikir kritis siswa, kedisiplinan siswa, motovasi belajar dan semnagat siswa, kemampuan menghadapi maslah dan lain-lain.
2. Guru, bisa diamati objeknya saat sedang melaksanakan tugas mengajar dan membimbing siswa. Contoh persoalan tentang guru yang bisa dijadikan sasaran PTK diantaranya metode yang digunakan dalam proses pembelajaran, penggunaan pendekatan pembelajaran dan lain-lain.
3. Materi pelajaran, dapat diperhatikan dan diamati saat guru sedang menyampaikan materi pelajaran kepada para peserta didik. Contoh permasalahan tentang materiyang bisa dijadikan sasaran PTK umpamanya integrasi materi, urutan penyampaian materi dan lain sebagainya.
4. Sarana pendidikan, bisa diamati saat guru sedang menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan sarana atau peralatan pendidik tertentu. Contoh latar belakang masalah misalnya penggunaan sumber belajar, pemanfaatan laboraturium dan penggunaan media pembelajaran.
5. Hasil pembelajaran akan berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan serta unsur lain dalam proses pembelajaran seperti media, guru, metode dan perilaku siswa. Produk yang seharusnya ditingkatkan melalui PTK yakni hasil pembelajaran yang ditinjau dari tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.
6. Lingkungan, baik lingkungan dalam keluarga, sekolah maupun lingkunag di dalam kelas siswa. Perlakuan dan tindakan yang mesti dikerjakan dalam PTK adalah memberikan dampak positif terhadap lingkungan sehingga lebih kondusif misalnya penataan lingkungan sekolah, ruang kelas dan tindakan lain yang bermanfaat.
7. Pengelolaan, yaitu aktivitas yang bisa direkayasa dengan bentuk tindakan. Contoh yang bisa dijadikan objek penelitian diantaranya pengaturan jadwal pelajaran, penataan ruang kelas, pengaturan tempat duduk, pengelompokan siswa dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment