Monday, February 6, 2017

PERSAMAAN SERTA PERBEDAAN BIMBINGAN KONSELING KELOMPOK

PERSAMAAN SERTA PERBEDAAN BIMBINGAN KONSELING KELOMPOK


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

         

Atau Cek FB Kami  DISINI  


Bimbingan dan konseling adalah suatu program yang diberikan oleh seorang konselor di sekolah maupun yang membuka praktek di luar sekolah. Salah satu layanannya adalah bimbingan konseling dan konseling kelompok. Tentu saja secara pelaksanaan melalui suatu kelompok yang dibentuk sedemikian rupa agar pelaksanaan layanan ini mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk penjelasan tentang bimbingan kelompok dan konseling kelompok silahkan klik disini. Sekarang kita akan membahasa tentang persamaan dan perbedaan konseling kelompok.
ASPEKBIMBINGAN KELOMPOKKONSELING KELOMPOK
Tujuan KhususPembahasan topik-topik umum secara luas dan mendalam yang bermanfaat bagi para anggota kelompok.Pembahasan dan pemecahan masalah pribadi yang dialami oleh masing-masing anggota kelompok.
Jumlah AnggotaDibatasi 10-15 orangDibatasi sampai sekitar 10 orang
Fungsi LayananPemahaman dan pengembanganPengentasan dan advokasi
AzazMenekankan pada asas kesukarelaanMenekankan pada asas kerahasiaan
Materi LayananTopik BahasanMasalah pribadi anggota kelompok
Format KegiatanKelompok kecil dengan empat tahap kegiatanKelompok kecil dengan empat tahap kegiatan
Pengaruh LayananMemanfaatkan dinamika kelompokMemanfaatkan dinamika kelompok
Kriteria Anggota KelompokHomogenHomogen
Peranan Anggota KelompokAktif membahas permaslahan atau topik umum tertentu yang hasil pembahsannya itu berguna bagi para anggota kelompok :
1. Berpartisipasi aktif dalam dinamika interaksi social
2. Menyumbang bagi pembahasan masalah
3. Menyerap berbagai informasi untuk diri sendiri
Aktif membahas permasalahan tertentu (masalah pribadi) dalam membantu memecahkan masalah kawan sekelompok:
1. Berpartisipasi aktif dalam dinamika interaksi social
2. Menyumbang bagi pemecahan masalah pribadi kawan sekelompok
3. Menyerap berbagai informasi, saran, dan berbagai alternatif un tuk memecahkan masalahnya sendiri
Sifat isi pembahasan1. Sosial /Umum
2. Tidak rahasia
1. Pribadi
2. Rahasia
Lama dan frekuensi kegiatanSesuai dengan kontrak waktu pelaksanaan layananSesuai dengan kontrak waktu pelaksanaan layanan
Evaluasi1. Evaluasi proses : keterlibatan anggota
2. Evaluasi isi: kedalaman pembahasan
3. Evaluasi dampak: pemahaman dan dampak kegiatan terhadap anggota
1. Evaluasi proses: keterlibatan anggota
2. Evaluasi isi: kedalaman dan ketuntasan pembahasan
3. Evaluasi dampak: sejauh mana anggota yang masalah pribadinya dibahas merasa mendapatkan alternatif pemecahan masalahnya.
PelaksanaKonselorKonselor

No comments:

Post a Comment