Tuesday, February 28, 2017

Mempresentasikan Laporan Untuk PTK

Mempresentasikan Laporan Untuk PTK 


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini

Atau Cek FB Kami  DISINI 


  1. 1. Balai Diklat Keagamaan Bandung SEMINAR PTK E d i t e d B y F i rma n Nu g r a h a B a s e d s l i d e F i r d o s Mu j a h i d i n
  2. 2. Firman Nugraha Widyaiswara Madya HOME BASE Balai Diklat Keagamaan Bandung INTEREST ICT, Publikasi Ilmiah, Pendidikan dan Sosial Keagamaan CONTACT firmanugraha@kemenag.go.id phiemanbdg@gmail.com firman-nugraha.blogspot.com 2
  3. 3. Firdos Mujahidin Widyaiswara Madya HOME BASE Balai Diklat Keagamaan Bandung INTEREST Publikasi Ilmiah, Kurikulum, dan Kajian Kependidikan lainnya CONTACT firdosmujahidin@kemenag.go.id 3
  4. 4. DESKRIPSI SINGKAT Dalam mata diklat ini dijelaskan tentang Presentasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mulai dari konsep sampai dengan p r a k t e k SEMINAR PTK
  5. 5. TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM Setelah selesai mengikuti pembelajaran ini Peserta diklat diharapkan memiliki Kompetensi tentang Presentasi Penelitian Tindakan Kelas
  6. 6. Goal Dapat menjelaskan Pengertian Teknik Presentasi KTI/PTK Dapat mengidentifikasi Komponen-komponen dalam Presentasi KTI/PTK Dapat melaksanakan Seminar/Presentasi
  7. 7. Konsep 1 7
  8. 8. PRESENTASI KTI Cara yang digunakan untuk menyajikan sesuatu agar KTI yang disajikan dapat dipahami oleh audience sakaligus memperoleh masukan untuk perbaikan dari KTI yang disajikan tersebut 8
  9. 9. Komponen 2 9
  10. 10. Garis besar presentasi Pendahu luan Deskripsi Kondisi Awal; Deskripsi Hasil Siklus I (Plan, Action, Observ, Reflection);Deskripsi Hasil Siklus II; Pembahasan Tiap Siklus & Antar Siklus; Kesimpulan Hasil Penelitian Teori Metodo Latar Belakang Masalah Perumusan Masalah Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian logi Hasil Landasan Teori Penelitian yang relevan (bila ada) Kerangka berfikir Hipotesis Tindakan Setting Penelitian; Subjek Penelitian; Sumber Data; Teknik dan Alat Pengumpulan Data; Validasi Data; Analisis Data; Indikator Kinerja; Prosedur Penelitian Penutup  Kesimpulan  Saran
  11. 11. Bagian I Pendahuluan A Latar Belakang Masalah Perumusan Masalah. B C Tujuan Penelitian Prosedur Penelitian D
  12. 12. Latar belakang masalah pada umumnya: Mengandung variabel Variabel: sesuatu yang dapat berubah-ubah Variabel pada masalah pokok yang diteliti dikenal dengan variabel terikat (Y) Masalah tidak berdiri sendiri selalu berkonstelasi dengan masalah lain Masalah lain tersebut umumnya mengandung variabel bebas (X)
  13. 13. Berbentuk kalimat tanya Mengacu ke masalah pokok Harus dijawab oleh penelitian Rumusan Masalah Dikembangkan dari identifikasi dan pembatasan masalah Mutu penelitian dipangaruhi mutu jawaban bukan banyaknya pertanyaan
  14. 14. Tujuan Penelitian Tindakan kepengawaasan dapat dilihat dari dua aspek: Tujuan Umum :Untuk meningkatkan Y Tujuan Khusus : Untuk meningkatkan Y melalui X Tujuan Penelitian
  15. 15. Manfaat Penelitian Teoritis Praktis 1 Mendapatkan/men dukung teori tentang Y melalui X 2 Sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya 1 Manfaat bagi Siswa 2 Manfaat bagi Guru 3 Manfaat bagi Sekolah
  16. 16. Bagian II Landasan Teori dan Pengajuan Hipotesis A Landasan Teori Penelitian Relevan (jika ada) B C Kerangka Berfikir Hipotesis Tindakan D
  17. 17. Diambil dari berbagai aliran Sebagai dasar untuk mencari kebenaran berdasarkan kajian teori Teori- teori yang diambil harus r e l e v a n Relevan dengan permasalahan dan variabel yang diambil Diambil dari teori-teori y a n g t e r b a r u Landasan Teori
  18. 18. Penelitian yang Relevan Relevan dengan permasalahan dan variabel yang diteliti Untuk menghindari duplikasi Penelitian relevan baik dilakukan oleh peneliti sendiri maupun oleh orang lain
  19. 19. D i d a s a r k a n p a d a l a n d a s a n t e o r i Sebagai dasar untuk menentukan peng-ajuan hipotesis Klimaks dari kerangka berfikir umumnya terdapat kata : berdasarkan kajian teori dan kerangka berfikir diatas, diduga...(misalnya diduga melalui X dapat me n i n g k a t k a n Y) KERANGKA PEMIKIRAN Disesuaikan dengan permasalahan yang diambil
  20. 20. Hypotesis Merupakan jawaban sementara berdasarkan pada kajian teori dan kerangka berfikir Menjawab perumusan masalah yang diajukan Merupakan hipotesis tindakan bukan hipotesis penelitian
  21. 21. Bagian III METODOLOGI Setting Penel i t ian Subjek Penelitian Sumber Data Teknik dan Alat Pengumpulan Data Validasi Data Analisis Data Indikator Kinerja Prosedur Penelitian 21
  22. 22. Setting Penelitian Waktu Penelitian Tempat Penelitian 22 Kapan penelitian itu dilakukan Beri alasan mengapa penelitian dilakukan pada waktu itu (khususnya pada tindakan) Dimana penelitian itu dilakukan Beri alasan mengapa penelitian dilakukan pada tempat itu
  23. 23. Subjek Penelitian Pada PTK tidak menggunakan populasi, sample, dan teknik sampling Populasi = sample, merupakan subjek Subjeknya Siswa 23
  24. 24. Sumber Data Si swa s ebagai s u b je k p e n e l i t i a n Sumber Data Sumber data lain dari sesama Guru atau teman sejawat 24
  25. 25. Pengumpulan Data Teknik Alat Tes Obser vasi Wawan cara Soal Lembar observa si Pedoman wawanca ra
  26. 26. Nilai tes yang divalidasi instrumen tes. Menentukan validitas teoritik maupun validitas empirik (analisis kualitatif dan kuantitatif) Validasi Data Proses (observasi, wawancara) yang divalidasi datanya melalui triangulasi: • Triangulasi sumber • Triangulasi metode 26
  27. 27. ANALISIS DATA Tidak menggunakan uji statistik Menggunakan analisis diskriptif: 27
  28. 28. INDIKATOR KINERJA Merupakan kondisi akhir yang diharapkan Didasarkan pada pengalaman yang lalu Perlu pertimbangan untuk menetapkan indikator kinerja (jangan terlalu tinggi) 28
  29. 29. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Mulai dari: Acting Observing Reflecting PTK Text in here Prosedur METODE TAHAPAN Rencana tindakan Planing
  30. 30. Bagian IV Hasil Penelitian & Pembahasan Deskripsi Kondisi Awal Kesimpulan dari Hasil Penelitian Pembahasan Tiap Siklus & Antar Siklus Deskripsi Hasil Siklus II Deskripsi Hasil Siklus I • Perencanaan Tindakan • Pelaksanaan Tindakan • Hasil Pengamatan • Refleksi
  31. 31. Bagian V Penutup Penutup Kesimpulan Saran
  32. 32. Praktik Seminar 3 32
  33. 33. Balai Diklat Keagamaan Bandung Selamat Presentasi 33

 

No comments:

Post a Comment