Wednesday, February 15, 2017

Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling

Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling

 JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini

Atau Cek FB Kami  DISINI  

  1. 1. PENELITIAN TINDAKAN KELAS dalam BK Tuesday, September 20, 2011
  2. 2. Kegiatan Pengembangan Profesi Guru : <ul><li>Membuat Karya Tulis Ilmiah di bidang pendidikan </li></ul><ul><li>Menemukan Teknologi Tepat Guna </li></ul><ul><li>Membuat alat peraga atau alat bimbingan </li></ul><ul><li>Menciptakan karya seni </li></ul><ul><li>Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum   </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  3. 3. Macam karya tulis/karya ilmiah Guru: <ul><li>Karya tulis ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survai, dan atau evaluasi di bidang pendidikan. </li></ul><ul><li>Karya tulis atau makalah yang berisi tinjauan atau ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri dalam bidang pendidikan. </li></ul><ul><li>Tulisan ilmiah populer di bidang pendidikan dan kebudayaan yang disebarluaskan melalui media massa. </li></ul><ul><li>Prasaran yang berupa tinjauan, gagasan atau ulasan ilmiah yang disampaikan dalam pertemuan ilmiah. </li></ul><ul><li>Buku pelajaran atau modul. </li></ul><ul><li>Diktat pelajaran </li></ul><ul><li>Karya penerjemahan buku pelajaran/karya ilmiah yang bermanfaat bagi pendidikan. </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  4. 4. Syarat Karya Tulis Ilmiah: <ul><li>A : Asli : karya asli penyusun, bukan plagiat, jiplakan atau disusun dengan tidak jujur. </li></ul><ul><li>P : Perlu : permasalahan memang perlu, mempunyai manfaat, tidak mengada-ada. </li></ul><ul><li>I : Ilmiah : penelitian dilakukan sesuai kaidah kebenaran ilmiah. </li></ul><ul><li>K : Konsisten : sesuai dengan bidang keilmuan Guru. </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  5. 5. KARYA TULIS ILMIAH <ul><li>Pengertian : </li></ul><ul><li>Hasil karya berupa tulisan berdasarkan hasil pemikiran atau penelitian, yang bersifat logis, empiris dan objektif-rasional ditulis secara sistematis. </li></ul><ul><li>( Jadi, karya ilmiah dibedakan dlm 2 jenis utama: hasil penelitian dan hasil pemikiran) </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  6. 6. JENIS KARYA TULIS ILMIAH <ul><li>Hasil Penelitian </li></ul><ul><li>Hasil kegiatan Survai/Pengamatan </li></ul><ul><li>Tinjauan Pustaka </li></ul><ul><li>Rancang Bangun </li></ul><ul><li>Bahasan Teoritis </li></ul><ul><li>Laporan Teknis </li></ul><ul><li>Artikel Ilmiah Populer </li></ul><ul><li>Laporan Perjalanan </li></ul><ul><li>Terjemahan </li></ul><ul><li>Opini </li></ul><ul><li>Dll </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  7. 7. Tuesday, September 20, 2011 <ul><li>Ide-ide pemikiran baru </li></ul><ul><li>konsep mutakhir </li></ul><ul><li>Pemecahan masalah aktual </li></ul><ul><li>Temuan penelitian lanjutan/baru </li></ul><ul><li>Pengalaman </li></ul><ul><li>Pengamatan </li></ul><ul><li>Diskusi dgn teman </li></ul><ul><li>Baca buku/jurnal </li></ul><ul><li>Hasil penelitian </li></ul>Materi Penulisan Karya Ilmiah
  8. 8. Karya Imiah Hasil Penelitian <ul><li>Yaitu laporan hasil penelitian yang dikemas sedemikian rupa shg menjadi sajian tulisan yg menarik utk dinikmati. Gaya penulisannya tidak kaku tapi lentur dan enak di baca sebagai suatu artikel. </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  9. 9. Jenis karya ilmiah hasil penelitian <ul><li>Penelitian Survei: </li></ul><ul><li>selfreport, dgn metode sensus/sampling/kasus,sebagai dasar utk pengambilan kebijakan/tindak lanjut. </li></ul>Tuesday, September 20, 2011 <ul><li>Penelitian Observasi: </li></ul><ul><li>pengamatan thd fakta/perfomansi, dgn metode sensus/sampling/kasus,sebagai dasar utk pengambilan kebijakan/tindak lanjut. </li></ul>
  10. 10. <ul><li>Penelitian Eksposfakto: </li></ul><ul><li>mengungkap faktor yg melatarbelakangi sesuatu yang terjadi, sebagai dasar utk pengambilan kebijakan/tindak lanjut. </li></ul><ul><li>Contoh: mengapa terjadi perbedaan prestasi antara anak laki-laki dan perempuan? </li></ul>Tuesday, September 20, 2011 <ul><li>Penelitian Pre eksperimen: </li></ul><ul><li>utk menguji hipotesis, dgn tidak melakukan pengontrolan secara ketat thd sampel. Metode: one short case,one group pretes-postest, the static group. </li></ul>
  11. 11. <ul><li>Penelitian Eksperimen: </li></ul><ul><li>menguji hipotesis, dgn pengontrolan variabel pengganggu secara ketat.Desain acak, dgn kelompok kontrol. </li></ul><ul><li>Contoh: meneliti pengaruh penggunaan pupuk merk –A- thd tanaman kedelai. </li></ul>Tuesday, September 20, 2011 <ul><li>Penelitian Eksperimen semu/Quasi eksp. </li></ul><ul><li>utk menguji hipotesis, dgn tidak melakukan pengontrolan secara ketat thd variabel pengganggu (dgn kelas yg sudah ada) . Desain : non equivalent control group, time serries, counterbalance. </li></ul><ul><li>Contoh: meneliti pengaruh penggunaan alat bermain X bagi pemahaman berhitung anak. </li></ul>
  12. 12. <ul><li>Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga dengan Classroom Action Research (CAR) adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran/ pembimbingan di kelas. </li></ul><ul><li>Fokus PTK adalah pada siswa atau pada proses belajar mengajar yang terjadi di kelas. Hasil dari PTK ini dapat ditulis sebagai karya tulis ilmiah. </li></ul><ul><li>Tindakan didasarkan pada teori dan pengalaman sebelumnya. Dilakukan melalui sederetan siklus </li></ul><ul><li>Dilakukan secara kolaborasi. </li></ul><ul><li>Contoh: Penggunaan teknik FGD dlm meningkatkan keberanian bertanya pada siswa kelas V SD Mewek. </li></ul>Tuesday, September 20, 2011 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) :
  13. 13. Penelitian Tindakan Kelas Tindakan Sendiri Tuesday, September 20, 2011 Direnungkan (direfleksi Mendapatkan teori Mengambil prinsip-prinsip Implementasi Tindakan selanjutnya
  14. 14. Apa Tujuan PTK (PTBK) ? <ul><li>Tujuan utama PTK adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di kelas (Proses & Hasil BK) dan meningkatkan kegiatan nyata Guru dalam pengembangan profesionalnya. Secara rinci : </li></ul><ul><li>Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, dan hasil pendidikan dan pembelajaran/ bimbingan di sekolah. </li></ul><ul><li>Membantu Guru dan konselor sekolah mengatasi masalah pembelajaran /pelayanan BK. </li></ul><ul><li>Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan. </li></ul><ul><li>Menumbuhkembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah sehingga tercipta sikap proaktif dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan, pembelajaran, dan pelayanan BK secara berkelanjutan. </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  15. 15. Mengapa PTK ? <ul><li>Merupakan pendekatan bagi pemecahan masalah yang bukan sekedar trial and error . </li></ul><ul><li>Menggarap masalah-masalah faktual yang dihadapi Guru dalam pembelajaran /pembimbingan. </li></ul><ul><li>Guru tidak perlu meninggalkan tugas utamanya </li></ul><ul><li>Guru sebagai peneliti </li></ul><ul><li>Mengembangkan iklim akademik dan profesionalisme Guru, khususnya jika dilakukan secara kolaboratif dengan Lembaga Diklat / LPTK </li></ul><ul><li>Dapat segera dilaksanakan pada saat muncul kebutuhan. </li></ul><ul><li>Dilaksanakan dengan tujuan perbaikan </li></ul><ul><li>Murah biayanya. </li></ul><ul><li>Disain lentur/fleksibel </li></ul><ul><li>Analisis data seketika </li></ul><ul><li>Manfaat jelas & langsung   </li></ul>Tuesday, September 20, 2011 Created by Sugiyanta LPMP
  16. 16. KARAKTERISTIK PTK BK? <ul><li>Ada unsur tindakan yang sesuai tupoksi, berarti ada unsur pengembangan profesi </li></ul><ul><li>Tidak mengganggu proses bimbingan / konseling </li></ul><ul><li>Melaksanakan layanan bimpok/klas konseling sambil meneliti </li></ul><ul><li>Untuk meningkatkan proses dan hasil pelayanan BK </li></ul><ul><li>Dalam rangka pengembangan profesi </li></ul>
  17. 17. Cakupan masalah untuk PTK cukup luas, diantaranya: <ul><li>Masalah belajar siswa di sekolah seperti permasalahan belajar /bimbingan di kelas, kesalahan pembelajaran, miskonsepsi, mis-strategi, dan peningkatan hasil belajar siswa (perbaikan sikap/perilaku) . </li></ul><ul><li>Ke-BK-an (materi, pendekatan/strategi, media bimbingan, teknik konseling, responsi/partisipasi siswa, capaian hasil. </li></ul><ul><li>Pengembangan profesionalisme Guru dalam peningkatan mutu perancangan, pelaksanaan dan evaluasi </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  18. 18. Masalah Apa yang Dapat Dikaji melalui PTK? <ul><li>Berasal dari kondisi nyata di lapangan. Benar-benar mendesak untuk dilaksanakan. Menunjukkan harapan (berpotensi) untuk dapat diselesaikan Penyelesaiannya merupakan perbaikan kualitas proses dan hasil pembelajaran </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  19. 19. Bagaimana Tindakan pada PTK Tindakan Sendiri Direnungkan (direfleksi Mendapatkan teori Mengambil prinsip-prinsip Implementasi Tindakan selanjutnya
  20. 20. Bidang Kajian : <ul><li>1. Pembelajaran siswa di sekolah (termasuk di dalam tema ini antara lain: masalah belajar /bimbingan di kelas, kesalahan pembelajaran /pelanggaran asas –asas/prinsip-prinsip BK, miskonsepsi /salah suai (mall-adabtive), dan lainnya); </li></ul><ul><li>2.   Desain dan strategi pembelajaran/ pelayanan BK di kelas (termasuk dalam tema ini: masalah pengelolaan dan prosedur pembelajaran /pembimbingan, implementasi dan inovasi dalam metode pembelajaran /pendekatan bimbingan, interaksi di dalam kelas, pendekatan dan teknik konseling, kualitas satlan, dan lainnya); </li></ul><ul><li>3.  Alat bantu, media, dan sumber belajar/ bimbingan (termasuk dalam tema ini, antara lain; masalah penggunaan media, perpustakaan /biblioterapi, sumber belajar di dalam/luar kelas); </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  21. 21. Lanjutan Bidang Kajian…. <ul><li>4.  Sistem evaluasi (termasuk dalam tema ini antara lain: masalah evaluasi awal dan hasil pembelajaran, pengembangan instrument evaluasi berbasis kompetensi /need assessment, self assessment, performance assessment, skala sikap, reflective assessment); </li></ul><ul><li>5.   Implementasi kurikulum (termasuk dalam tema ini antara lain: masalah implementasi KTSP, interaksi guru dan siswa, siswa dengan bahan ajar /muatan bimbingan, dan lingkungan pembelajaran). </li></ul><ul><li>Masalah diutamakan yang berkaitan dengan permasalahan pembelajaran di kelasnya dan sesuai dengan bidang tugasnya (pelayanan BK). </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  22. 22. Bagian-bagian utama karya ilmiah: <ul><li>Karya Ilmiah Hasil Penelitian: </li></ul><ul><li>Pendahuluan </li></ul><ul><li>Metodologi </li></ul><ul><li>Hasil dan Pembahasan </li></ul><ul><li>Simpulan dan Saran </li></ul>Tuesday, September 20, 2011 <ul><li>Karya Ilmiah Hasil Pemikiran: </li></ul><ul><li>Pendahuluan </li></ul><ul><li>Isi </li></ul><ul><li>Penutup </li></ul>
  23. 23. PENULISAN LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS A Bagian Pembuka 1. Halaman Judul 2. Lembar Pengesahan 3. Kata Pengantar 4. Daftar Isi 5. Daftar Tabel (bila ada) 6. Daftar Gambar (bila ada) 7. Daftar Lampiran 8. Abstrak (bila diperlukan) Tuesday, September 20, 2011
  24. 24. <ul><li>Bagian Isi </li></ul><ul><li>BAB I PENDAHULUAN </li></ul><ul><li>A Latar Belakang Masalah </li></ul><ul><li>B Perumusan Masalah </li></ul><ul><li>C Tujuan Penelitian </li></ul><ul><li>D Manfaat Penelitian </li></ul><ul><li>BAB II LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS </li></ul><ul><li>A Landasan Teori </li></ul><ul><li>B Penelitian yang Relevan </li></ul><ul><li>C. Kerangka Berfikir </li></ul><ul><li>D Hipotesis Tindakan </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  25. 25. BAB III METODOLOGI PENELITIAN A Setting Penelitian B Subjek Penelitian C Sumber Data D Teknik dan Alat Pengumpulan Data E Validasi Data F Analisis Data G Indikator Kinerja H Prosedur Penelitian Tuesday, September 20, 2011
  26. 26. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Deskrisi Kondisi Awal B. Deskripsi Siklus I C. Deskripsi Siklus II, dst D. Pembahasan Tiap Siklus dan Antar Siklus E. Hasil Penelitian BAB V PENUTUP A. Simpulan B. Saran Tuesday, September 20, 2011
  27. 27. C. Bagian Penunjang 1. Daftar Pustaka 2. Lampiran-lampiran Tuesday, September 20, 2011
  28. 28. Judul Karya Ilmiah: <ul><li>Judul spesifik mencerminkan/menginformasikan main idea/ isi makalah </li></ul><ul><li>Singkat (maks: 12 - 14 kata) </li></ul><ul><li>Jelas, padat makna dan informatif </li></ul><ul><li>Menarik perhatian </li></ul><ul><li>Hindari kata-kata jargon, klise, atau singkatan. </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  29. 29. Lanjutan Judul <ul><li>Mengandung upaya peningkatan </li></ul><ul><li>Terdapat variabel penelitian (X dan Y) </li></ul><ul><li>Cara/tindakan yg akan digunakan </li></ul><ul><li>Subyek penelitian </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  30. 30. Contoh Judul Penelitian (PTBK) : “ UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN ASERTIF MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN SOSIODRAMA BAGI SISWA KELAS X SMA BUDI BAIK .… SEMESTER …. TAHUN PELAJARAN ….” Penggunaan MAV utk meningkatkan MINAT MENGIKUTI BIMBINGAN KLASIKAL pada siswa klas … SMP TARUNA GEMPUR … Tahun … Tuesday, September 20, 2011
  31. 31. Pendahuluan Tuesday, September 20, 2011 Hasil Penel PTK Resensi/artikel teoritik Karangan Ilmiah Memuat permasalahan yg akan diteliti secara jelas,latar belakang,tujuan,prospek/manfaat,kristalisasi teori/bukti adanya masalah hasil terbitan mutahir, hipotesis(jika ada) Memuat permasalahan yg akan dteliti secara jelas, Latar belakang ttg analisis situasi&dukungan pustaka utk memilih tindakan,tujuan&manfaat penel,hipotesis tindakan, target/gambaran yang akan diperoleh berupa indikator keberhasilan Memuat permasalahn yg aakan dibahas secara jelas,latar belakang&tujuan penulisan,skop/lingkup dan pendekatan yg digunakan,isi sumber pustaka/data yg diresensi,target yg akan dicapai secara rasional Memuat permasalahan yg akan dibahas secara jelas,Latar belakang&tujuan penulisan, target/gambaran yg akan dicapai secara rasional dari bab pendahuluan
  32. 32. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah B. Perumusan Masalah C. Tujuan Penelitian D. Manfaat Penelitian Tuesday, September 20, 2011
  33. 33. A. Latar Belakang Masalah <ul><li>Ciri masalah mengandung variabel </li></ul><ul><li>Variabel: sesuatu yang dapat berubah-ubah </li></ul><ul><li>Variabel pada masalah pokok yang diteliti dikenal dengan variabel terikat (Y) / terkait hasil layanan BK </li></ul><ul><li>Masalah tidak berdiri sendiri selalu berkonstelasi dengan masalah lain </li></ul><ul><li>Masalah lain tersebut umumnya mengandung variabel bebas (X) / menyangkut proses/isi/strategi/media/asas-asas layanan BK </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  34. 34. CONTOH MASALAH <ul><li>Masalah Pokok : </li></ul><ul><li>Rendahnya kemauan berkonseling . </li></ul><ul><li>Variabel Y : kemauan/partisipasi berkonseling (asas kesukarelaan) </li></ul><ul><li>Kedisiplinan kehadiran siswa : </li></ul><ul><li>Variabel Y : Kedisiplinan kehadiran </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  35. 35. Tuesday, September 20, 2011 <ul><li>Masalah Lain : </li></ul><ul><li>1. Penggunaan pendekatan dinamika kelompok dalam layanan bimbingan klasikal </li></ul><ul><li>Variabel X : Pendekatan dinamika kelompok </li></ul><ul><li>Pelayanan konseling via FB (cyber-counseling) </li></ul><ul><li> Variabel X : Konseling via facebook </li></ul>
  36. 36. ISI LATAR BELAKANG PADA PTK : <ul><li>Menulis kenyataan yang ada (kondisi awal) </li></ul><ul><li>Menulis harapan yang akan dituju (kondisi akhir) </li></ul><ul><li>Adanya masalah : kesenjangan antara kenyataan dan harapan </li></ul><ul><li>Adanya solusi/pemecahan masalah: </li></ul><ul><li>a. Identifikasi masalah </li></ul><ul><li>b. Pembatasan masalah </li></ul><ul><li>c. Adanya Solusi </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  37. 37. B. PERUMUSAN MASALAH <ul><li>Dikembangkan dari identifikasi dan pembatasan masalah </li></ul><ul><li>Umumnya berbentuk kalimat tanya </li></ul><ul><li>Kalimat tanya yang diajukan mengacu ke masalah pokok </li></ul><ul><li>Kalimat tanya pada perumusan masalah harus dijawab </li></ul><ul><li>Kualitas penelitian sangat dipengaruhi oleh kualitas jawaban bukan hanya banyaknya rumusan masalah </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  38. 38. PERUMUSAN MASALAH : <ul><li>Sebagai dasar untuk penentuan teori yang akan digunakan. </li></ul><ul><li>Sebagai arah dalam menentukan judul penelitian </li></ul><ul><li>Sebagai arah dalam menentukan metode penelitian </li></ul><ul><li>Sebagai arah dalam menentukan jenis penelitian </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  39. 39. CONTOH PERUMUSAN MASALAH Misalnya :Y : Minat mengikuti layanan bimbingan klasikal…. X : Pendekatan games/dinamika kelompok/MAV …. <ul><li>Bukan Perumusan masalah pada PTK </li></ul><ul><li>Apakah terdapat hubungan antara X dengan Y? </li></ul><ul><li>Termasuk penelitian kuantitatif korelasional </li></ul><ul><li>Judul yang sesuai: </li></ul><ul><li>- Hubungan antara X dengan Y </li></ul><ul><li>- Studi korelasional antara X dengan Y </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  40. 40. <ul><li>2. Apakah terdapat pengaruh X terhadap Y? </li></ul><ul><li>Termasuk penelitian kuantitatif eksperimen </li></ul><ul><li>Judul yang sesuai: </li></ul><ul><li>- Pengaruh X terhadap Y </li></ul><ul><li>- Studi komparatif tentang X terhadap Y </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  41. 41. Perumusan masalah pada PTK : Rumusan : Apakah melalui X dapat meningkatkan Y? Judul yang sesuai: - Upaya peningkatan Y melalui X - Optimalisasi Y melalui X - Penggunaan X untuk meningkatkan Y - Meningkatkan Y melalui X Tuesday, September 20, 2011
  42. 42. C. TUJUAN PENELITIAN <ul><li>Tujuan Umum : </li></ul><ul><li>Untuk meningkatkan Y </li></ul><ul><li>Penelitian ini secara umum bertujuan untuk ……. </li></ul><ul><li>Tujuan Khusus : </li></ul><ul><li>Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk : </li></ul><ul><li>… .. </li></ul><ul><li>Tujuann khusus penelitian ini adalah untuk </li></ul><ul><li>meningkatkan Y melalui X </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  43. 43. D. MANFAAT PENELITIAN <ul><li>Manfaat Teoritis : </li></ul><ul><li>Mendapatkan wawasan konseptual tentang penggunaan Y terhadap X </li></ul><ul><li>Sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya </li></ul><ul><li>Manfaat Praktis : </li></ul><ul><li>Manfaat bagi siswa </li></ul><ul><li>Manfat bagi guru </li></ul><ul><li>Manfaat bagi sekolah </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  44. 44. BAB II LANDASAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS <ul><li>A Landasan Teori </li></ul><ul><li>B Penelitian yang relevan (bila ada) </li></ul><ul><li>Kerangka berfikir </li></ul><ul><li>Hipotesis Tindakan </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  45. 45. A. LANDASAN TEORI <ul><li>Sebagai dasar untuk mencari kebenaran berdasarkan kajian teori </li></ul><ul><li>Teori-teori yang diambil harus relevan </li></ul><ul><li>Relevan dengan permasalahan dan variabel yang diambil </li></ul><ul><li>Diambil dari teori-teori yang terbaru </li></ul><ul><li>Diambil dari berbagai aliran </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  46. 46. CONTOH SUB JUDUL PADA LANDASAN TEORI Judul Penelitian : “ UPAYA PENINGKATAN HARGA DIRI (self esteem) MELALUI LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL PERSONAL DENGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN DINAMIKA KELOMPOK BAGI SISWA KELAS VII .… SEMESTER …. TAHUN PELAJARAN ….” Tuesday, September 20, 2011
  47. 47. <ul><li>Sub Judul pada landasan teori : </li></ul><ul><li>Self esteem (penghargaan diri) </li></ul><ul><li>a. Kebutuhan psikososial manusia </li></ul><ul><li>b. Hakekat Harga Diri </li></ul><ul><li>c. Aspek-aspek Harga Diri </li></ul><ul><li>d. Karakteristik Individu yang menghargai diri </li></ul><ul><li>Layanan Bimsospri dengan pendekatan Dinamika Kelompok </li></ul><ul><li>a. Bimbingan Pribadi-soaial </li></ul><ul><li>b. Hakekat Pendekatan Dinamika Kelompok </li></ul><ul><li>c. Prinsip-prinsip Dinamika Kelompok </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  48. 48. B. PENELITIAN YANG RELEVAN <ul><li>Relevan dengan permasalahan dan variabel yang diteliti </li></ul><ul><li>Untuk menghindari duplikasi </li></ul><ul><li>Penelitian relevan baik dilakukan oleh peneliti sendiri maupun oleh orang lain </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  49. 49. C. KERANGKA BERFIKIR <ul><li>Didasarkan pada landasan teori </li></ul><ul><li>Disesuaikan dengan permasalahan yang diambil </li></ul><ul><li>Sebagai dasar untuk menentukan pengajuan hipotesis </li></ul><ul><li>Klimaks dari kerangka berfikir umumnya terdapat kata : …… berdasarkan kajian teori dan kerangka berfikir diatas, diduga …. (misalnya diduga melalui X dapat meningkatkan Y) </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  50. 50. KONDISI AWAL KONDISI AKHIR Tuesday, September 20, 2011 TINDAKAN Guru BK: Belum menggunakan pendekatan Dinamika Kelompok Siswa : Harga diri rendah (ingah-ingih, tidak pd) MENGGUNAKAN PENDEKATAN DINAMIKA KELOMPOK SIKLUS I Dinamika kelompok (permainan dalam kelompok kecil) SIKLUS II Dinamika kelompok (permainan dalam kelompok besar & kompleks) HASIL BELAJAR SIKAP DIRI BERHARGA/PD
  51. 51. D. HIPOTESIS TINDAKAN <ul><li>Merupakan jawaban sementara berdasarkan pada kajian teori dan kerangka berfikir </li></ul><ul><li>Menjawab perumusan masalah yang diajukan </li></ul><ul><li>Merupakan hipotesis tindakan bukan hipotesis penelitian </li></ul>Tuesday, September 20, 2011
  52. 52. Contoh Hipotesis : (Bukan PTK) PM : Apakah terdapat hubungan antara X dengan Y? Judul : Hubungan antara X dengan Y Hipotesis : pilih salah satu dari : a. Terdapat hubugan antara X dengan Y b. Terdapat hubungan positif antara X dgn Y c. Terdapat hubungan negatif antara X dgn Y Tuesday, September 20, 2011
  53. 53. (Bukan PTK) PM : Apakah terdapat pengaruh X terhadap Y? Judul : Pengaruh X terhadap Y Hipotesis : pilih salah satu dari : a. Terdapat pengaruh X terhadap Y b. Y dengan menggunakan X1 > daripada yang menggunakan X2 c. Y dengan menggunakan X1 < daripada yang menggunakan X2 Tuesday, September 20, 2011
  54. 54. (PTK) PM : Apakah melalui X dapat meningkatkan Y? Judul : Upaya peningkatan Y melalui X Hipotesis : Melalui X dapat meningkatkan Y Tuesday, September 20, 2011
  55. 55. <ul><li>Merupakan pertanggungjawaban ilmiah terhadap seluruh rangkaian dan hasil penelitian . Yaitu berisi uraian ttg bagaimana penelitian akan dilakukan(shg kekokohan,validitas hasil penel tergantung metodologinya), </li></ul>METODOLOGI PENELITIAN Tuesday, September 20, 2011


 

No comments:

Post a Comment