Friday, September 30, 2016

Format Buku Kegiatan Lomba Siswa/Siswi

Format Buku Kegiatan Lomba Siswa/Siswi



JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami  DISINI





Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, tentunya banyak kegiatan – kegiatan positif yang diadakan dalam rangka untuk menunjang dan memfasilitasi kreatifitas para siswa, salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan lomba. Lomba yang diadakan bisa diadakan untuk memperingati kemerdekaan, class meeting, maupun memperingati hari jadi Sekolah masing – masing. Jenis – jenis lomba sangat bervariasi, mulai dari skala kecil hingga skala besar. Lomba dalam skala kecil biasanya hanya diadakan untuk memperingati event tertentu dalam rangka memeriahkan event tersebut, dan lain halnya dengan lomba skala besar yang diadakan untuk menunjang bakat – bakat siswa serta memberikan kontribusi siswa untuk menyalurkan bakatnya demi kemajuan dan popularitas sekolah, maupun untuk siswa itu sendiri, biasanya dalam event musim turnamen seperti PON atau kejuaraan antar sekolah. Siswa yang berpartisipasi dalam lomba, hendaknya harus diimbangi dengan dukungan dari para pejabat sekolah dan juga harus didasari inisiatif dan keinginan kuat dari siswa itu sendiri.


Untuk membantu para guru dalam mengkategorikan jenis lomba skala kecil dan skala besar, artikel ini menyediakan link yang berisi contoh format buku kegiatan lomba siswa yang bisa Bapak/Ibu unduh. Berikut link yang bisa Bapak/Ibu kunjungi:


Contoh format buku kegiatan lomba siswa


Dalam format tersebut, dibuat khusus untuk mempermudah para guru untuk merencanakan sebuah kegiatan lomba dalam event apapun dan diharapkan menjadi sebuah efisiensi waktu bilamana lomba tersebut diadakan dalam skala besar, sehingga perencanaan yang matang bisa dilakukan secara mendetail. Mengingat prestasi atlet – atlet nasional yang minim prestasi dewasa ini, tentunya dengan melihat potensi – potensi yang banyak terdapat di lingkungan pendidikan, harus di fasilitasi semaksimal dan seefisien mungkin sehingga apa yang diharapkan bahwa potensi – potensi tersebut dapat mengantar Indonesia keluar dari krisis prestasi. Semoga dari apa yang telah penulis sajikan melalui artikel ini, sedikit banyak dapat membantu para guru untuk membantu para siswanya meningkatkan potensi mereka, sehingga apa yang mereka cita – citakan untuk membuat Indonesia harum kembali melalui jalur olahraga dapat terrealisasi

Format Buku Penyerahan Raport

Format Buku Penyerahan Raport



JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami  DISINI





Dalam setiap memasuki bulan – bulan akhir semester, tentunya akan dilaksanakan tahap evaluasi hasil belajar atau yang lebih sering diketahui sebagai penerimaan raport. Raport merupakan bentuk kongkrit yang dirangkum dalam sebuah buku dan merupakan wewenang sekolah terhadap masyarakat untuk memberikan penilaian pokok tentang kemampuan yang telah dimiliki siswa yang berupa sekumpulan hasil pencapaian. Kegiatan penilaian dilakukan melalui pengukuran atau pengujian terhadap siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dalam suatu unit tertentu. Untuk memperoleh informasi yang akurat penilaian harus dilakukan secara sistematik dengan menggunakan prinsip penilaian. Seperti yang tercantum pada pasal 25 (4) Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan di situ dijelaskan bahwa kompetensi lulusan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ini berarti bahwa pembelajaran dan penilaian harus mengembangkan kompetensi peserta didik yang berhubungan dengan ranah afektif (sikap), kognitif (pengetahuan), dan psikomotor (keterampilan).


Untuk mempermudah para guru untuk menginput penilaian para siswa secara cepat atau efisien, dalam artikel ini tersedia link yang bisa Bapak/Ibu unduh berupa contoh format buku penyerahan raport. Format tersebut disusun khusus untuk memfasilitasi aktivitas para guru dalam memenuhi kewajibannya sebagai penilai kepada siswa yang telah mengikuti proses belajar mengajar.
Contoh Format Buku Penyerahan Raport
Format ini tersusun dari 8 kolom yang terdiri dari nomor urut dan induk, nama siswa, tanggal penyerahan, nama penyerah, tanda tangan, dan keterangan. Adapun baris yang tersedia dalam format tersebut, bisa Bapak/Ibu tambahkan sesuai jumlah siswa yang terdapat dimasing – masing sekolah. Tujuan dari pembuatan artikel ini selain untuk membantu para guru dalam melakukan penilaian terhadap para siswa yang telah mengikuti proses belajar mengajar, adalah memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan melalui hal – hal teknis demi keefisienan aktivitas dunia pendidikan. Semoga dari apa yang penulis sajikan dalam artikel ini, sedikit banyak dapat membantu para guru untuk mencetak para lulusan – lulusan yang berkualitas, demi terciptanya Sumber Daya Manusia yang unggul dalam ranah nasional maupun internasional. Format Buku Penyerahan Raport

CONTOH FORMAT BUKU BIMBINGAN PENYULUHAN

Dalam melakukan proses belajar mengajar, tentunya akan menyimpan pengalaman suka dan duka yang dialami oleh setiap warga sekolah, baik itu guru, siswa, maupun petugas yang ada di sekolah. Kondisi mood (suasana hati) yang dirasakan oleh mereka, tentunya akan berpengaruh pada aktivitas mereka selama proses persekolahan berlangsung, terutama para siswa, yang mungkin akan berpengaruh terhadap prestasinya maupun psikologisnya. Maka dari itu, peran guru disekolah sebagai pengganti orang tua di rumah, harus diimplementasikan secara matang untuk mengetahui permasalahan – permasalahan yang dialami oleh para murid mengapa kualitas murid tersebut tidak meningkat atau justru malah menurun. Tentunya hal ini juga akan berpengaruh terhadap akreditasi yang akan diterima oleh sekolah, jika banyak siswa bermasalah, tidak mendapatkan solusi atau cenderungt diabaikan, sehingga mereka menjadi minim prestasi.


Untuk mempermudah guru dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada para siswa yang dinilai bermasalah dalam kegiatan belajar mengajar, artikel ini memberikan link unduh berupa contoh format buku bimbingan dan penyuluhan yang disusun secara sistemik yang menyesuaikan dengan standar kementerian pendidikan. Berikut adalah link yang bisa Bapak/Ibu unduh:


Berpatok pada misi kementerian pendidikan dan kebudayaan dalam rangka membangun dan mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), tujuan dari disusunnya format tersebut, selain untuk mengoptimalkan kinerja para guru dalam memberikan peran membimbing dan meneladani, format tersebut diharapkan dapat mengetahui data siswa mana saja yang memiliki permasalahan serius sehingga siswa tersebut tidak mampu secara materi maupun psikologi, sehingga bantuan yang akan diberikan tepat sasaran dan berguna membantu mengubah moril dan materil para siswa. Semoga dari apa yang telah penulis sajikan dalam artikel ini, sedikit banyak dapat membantu para guru dalam mendidik para murid, untuk memberikan pembelajaran terbaik, sesuai dengan materi kurikulum yang sesuai dengan visi character building di tiap – tiap sekolah demi terciptanya lulusan – lulusan berkualitas, sebagai Sumber Daya Manusia yang unggul.

Langkah-Langkah Menulis Atau Membuat Karya Tulis Ilmiah Yang Benar

Langkah-Langkah Menulis Atau Membuat Karya Tulis Ilmiah Yang Benar


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami  DISINI


Pokok pembahasan kali ini adalah tentang langkah-langkah membuat karangan, langkah-langkah membuat karya tulis ilmiah, contoh karangan ilmiah, langkah-langkah penelitian ilmiah, sistematika penulisan karya ilmiah, tata cara penulisan karya ilmiah.

Kerangka karya ilmiah, judul karya ilmiah, cara membuat artikel ilmiah, cara penulisan artikel ilmiah, contoh penulisan karya ilmiah, cara membuat karya tulis dan langkah-langkah penulisan karya ilmiah.

Cara Membuat Karya Tulis Ilmiah 

Karya tulis merupakah bentuk karangan yang mengungkapkan ide, pikiran, dan perasaan penulisnya dalam satu kesatuan tema yang utuh. Karya tulis yang digolongkan sebagai karya ilmiah merupakan karangan yang didasarkan pada kegiatan ilmiah.

Kegiatan ilmiah dalam hal ini dapat berupa penelitian lapangan, percobaan laboratorium, atautelaah buku.

Unsur-unsur karya karya tulis ilmiah

Sebuah tulisan disebut karya tulis ilmiah apabila mengandung usnur-unsur berikut.

1. Didasarkan pada fakta dan data.

2. Disajikan secara objektif atau apa adanya.

3. Menggunakan bahasa yang lugas dan jelas.

Kemampuan membuat karya tulis ilmiah sangat kalian perlukan dalam proses pembelajaran. Selain itu, karya tulis ilmiah yang baik akan memberikan banyak manfaat bagi diri kalian sendiri dan masyarakat umumnya.

Sumber informasi yang digunakan dalam sebuah karya tulis ilmiah, baik berupa teori, pendapat, atau kutipan lain, harus diungkapkan dengan jelas dan dicantumkan sumber pengambilan tersebut.

Sumber tulisan dapat ditulis secara langsung setelah kutipan atau diletakkan di dalam bagian daftar pustaka. Sebelum berlatih membuat karya tulis ilmiah sederhana yang didasarkan dari berbagai sumber tertulis, perhatikan contoh karya tulis ilmiah di bawah beserta penjelasannya.
Informasi beserta sumber informasi:
– Internet adalah sebuah jaringan multimedia yang pengoperasiannya memerlukan seperangkat komputer, modem, dan jaringan telepon atau satelit. (www.juice-boosted.com)
– Dengan hanya berbekal Rp2.000,00 sampai dengan Rp3.500,00 untuk setiap jam di warung internet (warnet), kita memperoleh banyak data yang kita perlukan baik untuk penulisan artikel maupun penelitian. (“Berinternet Gratis dengan JUICE” dalam Suara Merdeka, 30 Agustus 2004).

Contoh Penulisan Karya Ilmiah

Berdasarkan informasi dan sumber informasi di atas, kalian dapat menyusun sebuah tulisan ilmiah sederhana seperti contoh berikut.

=======================================

Pemanfaatan Internet

I. Pendahuluan

Berkembangnya teknologi informatika telah membuka wawasan baru bagi dunia pendidikan di Indonesia. Betapa tidak, berbagai sumber informasi yang kita perlukan kini tersedia di depan mata. Maka, tidaklah mengherankan jika ada yang menyatakan siapa yang menguasai teknologi, dialah yang memainkan peranan penting di kemudian hari.

Keterbukaan akses internet membuka peluang besar bagi dunia pendidikan untuk terus meningkatkan mutunya. Dengan demikian, dituntut peran serta semua civitas akademik mulai guru, siswa, orang tua siswa, dan pemerintah untuk memanfaatkan peluang-peluang yang tersedia melalui media internet.

II. Permasalahan

Bagaimana pola pemanfaatan media internet yang ideal bagi dunia pendidikan?

III. Pembahasan

Pengertian internet Internet adalah sebuah jaringan multimedia yang pengoperasiannya memerlukan seperangkat komputer, modem, dan jaringan telepon atau satelit. Internet merupakan salah satu jendela kita untuk dapat mengetahui berbagai perkembangan dunia ilmu pengetahuan di dunia luar.Cukup hanya memasukkan kata kunci dari data yang kita perlukan, secara otomatis jaringan internet akan mencari dan menampilkan data-data yang kita perlukan. Dengan hanya berbekal Rp2.000,00 sampai dengan Rp3.500,00 untuk setiap jam di warung internet (warnet), kita memperoleh banyak data yang kita perlukan baik untuk penulisan artikel maupun penelitian.

IV. Penutup

Kesimpulan

1. Teknologi internet merupakan perkembangan yang harus diikuti oleh setiap civitas akademik, sehingga kehadirannya mampu memberikan nilai tambah bagi dunia pendidikan.

2. Perlu kesadaran semua pihak bahwa penerapan teknologi multimedia dalam dunia pendidikan penting untuk segera dilakukan sehingga terbentuk sebuah komunitas atau jaringan belajar yang interaktif.

3. Dengan berhasilnya pemanfaatan internet, diharapkan dapat menunjang kreativitas remaja dalam dunia penulisan ilmiah.

Saran

Mengingat pemanfaatan internet masih memerlukan biaya yang tidak sedikit, alangkah baiknya jika pihak sekolah untuk sementara waktu ini memanfaatkan akses internet yang berlangganan. Di tahun 2008, teknologi internet akan lebih mudah dan gratis dengan cara bergabung dalam komunitas JUICE, karena komunitas JUICE mempunyai program khusus yang hanya memanfaatkan line telepon tanpa menggunakan pulsa.

V. Daftar Pustaka

Junaedi, Fajar. 2004. “Berinternet Gratis dengan JUICE” dalam Suara Merdeka. Semarang: Suara Merdeka, 30 Agustus 2004.

sumber: http://www.juiceboosted.com.
=======================================

Contoh karya tulis di atas menggunakan format ilmiah, yaitu dengan menggunakan bahasa baku dan sistematika ilmiah.

Langkah-langkah membuat karya tulis ilmiah

Berdasarkan daftar pustaka, dapat kalian lihat bahwa karya tulis tersebut menggunakan dua sumber, yaitu dari media massa dan internet. Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam membuat karya tulis adalah berikut.

1. Tentukan objek yang akan dikaji.

2. Tentukan permasalahan yang akan dibahas dari objek kajian.

3. Kumpulkan sumber-sumber bacaan pendukung baik berupa informasi maupun teori.

4. Analisislah objek kajian dengan mengulas permasalahan yang dikemukakan.

5. Buatlah kesimpulan berdasarkan hasil analisis.

6. Tulislah sumber bacaan dan lainnya dalam daftar pustaka.

Sistematika penulisan ilmiah.

1. Pendahuluan.

2. Permasalahan.

3. Pembahasan.

4. Penutup: kesimpulan dan saran.

5. Daftar pustaka.

Langkah-langkah menulis karya tulis ilmiah.

1. Menentukan topik yang akan dibahas.

2. Menentukan tujuan pembahasan.

3. Mengumpulkan bahan.

4. Membuat kerangka tulisan.

5. Menyusun kerangka tulisan menjadi karya tulis ilmiah yang utuh dan lengkap.

Materi Pembelajaran Mengenai Wawancara

Materi Pembelajaran Mengenai Wawancara

JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami  DISINI



1. Pengertian Wawancara

Wawancara adalah tanya jawab dengan seseorang yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya tentang satu hal. Dalam wawancara narasumber menjawab semua pertanyaan yang diajukan dan memberi gagasan-gagasan yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang dibahas.

Seorang pewawancara harus mempersiapkan sejumlah pertanyaan agar memperoleh informasi dari orang yang diwawancarai. Seseorang pewawancara harus menyusun beberapa pertanyaan dari buku atau bacaan. Jika perlu, seorang pewawancara dapat berdiskusi dengan orang lain yang juga mengetahui permasalahan tersebut. Wawancara dapat dilakukan untuk mencari data dalam satu penelitian.

Wawancara yang berhasil biasanya dilakukan dengan memerhatikan tiga hal berikut,
1. Topiknya cukup menarik
2. Berwawancara secara efektif dalam waktu yang terbatas, tetapi tetap berlangsung dengan baik
3. Menciptakan kondisi yang menyenangkan sehingga orang yang berwawancara sering menjawab pertanyaan

Sewaktu mewawancarai narasumber kita dapat mencatat pokok-pokoknya dengan memerhatikan hal-hal beriku ini.
1. Orang-orang yang terlibat dalam wawancara terutama latar belakang kehidupan narasumber
2. Masalah utama yang dibicarakan
3. Gagasan-gagasan yang disampaikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut 

2. Mengidentifikasi narasumber dalam wawancara

a. Siapa narasumbernya? (nama, jabatan/pekerjaan)
b. Sesuaikah narasumber tersebut dengan topik yang dibahas?
c. Kompeten apa tidakkah narasumber tersebut?
d. Mengapa narasumber tersebut di wawancarai?

3. Cara merangkum isi wawancara

Rangkuman adalah ringkasan yang masih mempertahankan urutan dari karangan asli.
1. Mengetahui isi pembicaraan, yang harus dilakukan adalah dengan menyimak dan mencatat pokok-pokok pembicaraan wawancara tersebut.
2. Mengetahui pokok-pokok pembicaraan, dengan menyimpulkan setiap pertanyaan beserta jawaban yang diajukan pewawancara dalam beberapa kalimat.
3. Mencatat pokok-pokok jawaban dari narasumber.
4. Merangkum isi wawancara dengan cara menyatukan pokok-pokok pembicaraan yang sudah ditulis menjadi paragraf yang runtut dan terpadu.

4. Cara mencatat isi pokok pembicaraan dalam wawancara

1. Menyimak wawancara dengan seksama dari awal sampai akhir
2. Mencatat orang-orang yang melakukan wawancara baik pewawancara maupun narasumber
3. Mencatat isi pokok pembicaraan dalam wawancara, seperti
  • Topik wawancara
  • Latar belakang dilakukan wawancara
  • Tujuan wawancara
  • Pokok-pokok pertanyaan wawancara
  • Pokok-pokok jawaban pertanyaan wawancara
  • Informasi penting yang termuat dalam wawancara
  •  

5. Teknik menyimak

Informasi bisa diperoleh melalui kegiatan menyimak atau mendengarkan. Ada dua tipe perilaku dalam kegiatan menyimak/mendengarkan wawancara, yaitu:

 

1. Menyimak Faktual

Menyimak faktual berarti menangkap serta memahami fakta-fakta, konsep-konsep, serta informasi yang disampaikan pembicara. Pada saat kira menyimak, kita mencoba menangkap ide-ide pokok, gagasan penting sang pembicara atau narasumber. Kegiatan yang dilakukan saat menyimak faktual adalah:
a. Memutuskan perhatian pada pesan-pesan orang lain,
b. Berusaha mendapatkan fakta-fakta.

 

2. Menyimak Empatik

Menyimak empati menolong kita untuk memahami sikap psikologi dan emosional sang pembicara/narasumber dan bagaimana sikap tersebut mempengaruhi ujarnya. Menyimak empati ini dapat juga disebut menyimak aktif atau menyimak pemahaman. Setiap pesan berisi dua bagian, yaitu isi atau materi faktual dan perasaan atau sikap pembicara terhadap isi tersebut. Kegiatan yang dilakukan saat menyimak empati adalah:
a. Memperhatikan isyarat-isyarat nonverbal (gerak-gerik anggota tubuh),
b. Menempatkan diri pada posisi orang lain,
c. Memusatkan perhatian pada pesan, bukan pada penampilan,
d. Menyimak dengan seksama, mencatat isi pembicaraan, dan menyimpulkan hasil wawancara itu,
e. Konsentrasi untuk dapat menangkap dan membuat kesimpulan.

6. Cara mendengar yang baik dan efektif

1. Membutuhkan kontrasi penuh dari pikiran kita untuk mengadakan interpretasi terhadap satu berita atau pesan.
2. Menggunakan indera pendengaran dan kemampuan pikiran untuk mengadakan interpretasi terhadap berita atau pesan yang diterima.
3. Mendengar secara evaluatif, dalam acara ini pendengar sekaligus mengadakan evaluasi terhadap kata-kata yang diucapkan oleh penyampai. Hasil evaluasi diterangkan dalam bentuk, misalnya: menolak, menyetujui, kritik atau bertanya. Mendengar secara proyektif, pendengar berusaha untuk benar-benar memahami pandangan dari pembicara tanpa memberikan komentar atau penilaian sebelum pembicara selesai.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tata Cara Menulis Notulen Rapat Yang Baik

Tata Cara Menulis Notulen Rapat Yang Baik

JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami  DISINI


Cara Menulis Notulen Rapat Yang Baik - Ayung Avis | Yoo selamat pagi sobat Berbagi Info. Di pagi ini saya akan memberikan informasi khusus bagi para pecinta rapat hahaha. Umumnya saya akan memberikan informasi bagi sekretaris rapat yang mana kala itu sedang mengadakan rapat untuk perisapan sebuah kegaitan atau acara yang akan diselenggarakan.

Dalam sebuah organisasi, pasti mengadakan berbagai progam kegiatan tahunan. Lah untuk membuat progam itu berjalan dengan yang diharapkan, maka pasti ada yang namanya rapat persiapan kegiatan bukan? Di setiap rapat yang diadakan kita harus tau apa saja makna dan isi rapat yang sudah dilakukan. Ini adalah tugas dari sekretaris rapat, yakni mencatat semua isi dari setiap rapat tersebut. Dari anggota yang hadir di rapat, waktu dan tempat pelaksanaan rapat, pemimpin rapat, dan yang paling penting inti dari rapat tersebut. Oke langsung saja, berikut akan saya berikan informasi mengenai pengertian notulen, tugas dan fungsi notulen, dan contoh penulisan notulen.
Cara Menulis Notulen Rapat Yang Baik - Ayung Avis

Pengertian Notulen

Notulen adalah sebuah catatan tentang perjalanan suatu kegiatan baik rapat, seminar, diskusi, atau sidang yang dimulai dari awal sampai akhir acara yang ditulis oleh seorang Notulis, yang akan dilaporkan oleh Ketua Kegiatan, dan akan dipertanggung jawabkan suatu saat pada seluruh anggota atau peserta acara.

Notulen adalah naskah dinas yang membuat catatan jalannya acara (kegiatan) mulai dari pembukaan, pembahasan masalah, sampai dengan pengambilan keputusan, serta penutupan.

Notulen sekurang-kurangnya berisi: 
  • Tujuan kegiatan
  • Pikiran-pikiran yang akan dibahas dalam kegiatan
  • Saran dan keputusan dalam kegiatan
  • Waktu pelaksanaan
  • Pihak-pihak yang hadir dalam kegiatan.

Tugas dan Fungsi Notulen

Notulen dapat diartikan sebagai rangkuman yang singkat, sistematis, padat dan menyeluruh dari suatu kegiatan rapat atau sidang. Notulen sendiri memiliki fungsi yang tentunya sangat penting dalam kegiatan rapat, karena disinilah semua kegiatan rapat akan dibuktikan secara tertulis, berikut beberapa fungsi notulen: 
  • Notulen dapat digunakan sebagai bukti tertulis bahwa rapat telah dilaksanakan.
  • Notulen dapat digunakan sebagai tolak ukur sukses atau tidaknya pelaksanaan rapat. Dan juga digunakan untuk acuan pelaksanaan kegiatan yang dihasilkan dari hasil keputusan rapat.

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Persiapan Penyelenggaraan
Seminar SMA Negeri SukaMaju

I. Pelaksanaan Rapat
Hari: Rabu
Tanggal: 03Juli 2013
Jam: 09:00
Bertempat: Sekretariat OSIS SMA NEGERI SUKA MAJU
Materi rapat: "Membicarakan Penyelenggaraan Seminar dengan Tema “Refleksi Kemerdekaan RI bagi Nasionalisme Pemuda"

II. Keanggotaan Rapat
Pimpinan rapat: A. Kampiri M.Pd
Notulis: A.Griya Riskiullah
Hadir: 18 Orang
Terdiri atas:
  1. Kepala Sekolah
  2. Anggota OSIS/MPK sebanyak 17 orang
Tidak Hadir: Tidak Ada

III. Acara 
  1. Pembukaan.
  2. Pengarahan dan Informasi Umum Kepala Sekolah.
  3. Membicarakan tentang Penyelenggaraan Seminar dengan Tema "Refleksi Kemerdekaan RI bagi Nasionalisme Pemuda".
  4. Pertanyaan.
  5. Tanggapan pertanyaan.
  6. Penutup. 
IV. Risalah Pembicaraan 

Acara ke 1 
Pukul 09.00 rapat dibuka oleh Pimpinan rapat.
Sekretaris membacakan para peserta rapat yang hadir dan tidak hadir.

Acara ke 2 
Pimpinan rapat menjelaskan tentang: 
  • Pelaksanaan Penyelenggaraan Seminar.
  • Tema kegiatan.
Acara ke 3: Pertanyaan 
Andi Baso Ikbal: Kapan Pelaksanaan Seminar ini?
Nurkamariah: Sumber dana kegiatan ini dari mana? 
Visna Virfiyani: Apakah dengan mengambil dana dari luar sekolah, yaitu perusahaan, toko atau sponsor itu sudah baik? karena sudah kita ketahui bersama bahwa kegiatan kita sebelumnya yaitu, Lomba Basket Se-SUKA MAJU dan Pameran Kreatifitas Siswa telah mendapatkan dana dari perusahaan, toko dan sponsor. Jangan sampai sekolah kita dianggap sebagai "Pengemis".

Acara ke 4: Tanggapan pertanyaan 
Tanggapan pertanyaan Andi Baso Ikbal: Pelaksanaan kegiatan seminar kita ini yaitu pada tanggal 25 Agustus 2013 karena sesuai dengan tema seminar ini yang mengandung unsur nasionalisme.
Tanggapan pertanyaan Nurkamariah: Sumber dana dari kegiatan ini dari kas OSIS dan Komite sekolah, tapi karena dana dari sekolah tidak mencukupi. Maka kita harus mengambil dana dari luar sekolah, yaitu perusahaan, toko, atau Sponsor.
Tanggapan pertanyaan Visna Virfiyani: Itu memang benar, dan akan kita usahakan nanti untuk tidak mengambil dana dari tempat yang sudah didatangi. Tapi, kita tetap akan berbicara dengan pihak sponsor kegiatan sebelumnya, karena mereka telah menyatakan bahwa mereka siap membiayai kegiatan kita berikutnya apabila kegiatan tersebut menguntungkan baginya. Dan menurut saya apabila kegiatan kita memang menarik dan menguntungkan bagi donatur, kenapa kita harus takut untuk meminta partisipasi dari mereka. Yang jelasnya kita harus lebih cerdas dalam memilih donatur yang ingin kita mintai bantuan.

Acara ke 5: Kesimpulan 
Kegiata seminar kita ini bertemakan "Refleksi Kemerdekaan RI Bagi Nasionalisme Pemuda".
Kegiatan seminar ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2013.
Sumber Dana kegiatan ini dari kas OSIS/MPK, donatur dan sponsor. 

Acara ke 6: Penutup
Tepat pukul 11.30 rapat di tutup oleh pimpinan rapat dengan mengucapkan terima kasih.