Wednesday, January 25, 2017

Cara-Cara menulis latar belakang PTK

Cara-Cara menulis latar belakang 

  JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

         

Atau Cek FB Kami  DISINI  

Latar belakang masalah merupakan salah satu komponen yang wajib harus ada dalam membuat karya ilmiah juga termasuk proposal/laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Latar belakang pada proposal PTK atau pada BAB I laporan PTK harus ditulis dengan tajam dan tidak mengambang kemana-mana. Latar belakang masalah seharusnya mengandung 5 unsur penting, yang minimal tergambar dalam 5 paragraf yang saling menyatu dan berhubungan satu sama lain membentuk pondasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh guru/peneliti. Adapun lima unsur penting yang wajib ada, yaitu:
  1. Kondisi ideal di dalam kelas/pembelajaran yang diharapkan oleh guru/peneliti.
  2. Kondisi saat ini (yang sedang terjadi) di dalam kelas/peneliti.
  3. Kesenjangan (gab) antara kondisi ideal (no. 1) dengan kondisi saat ini (no 2) beserta penyebab munculnya kesenjangan (gab), dengan kata lain akar permasalahan yang muncul/sumber masalah.
  4. Urgensi penyelesaian masalah, atau dengan kata lain dampak-dampak negatif jika permasalahan di kelas/pembelajaran guru tersebut tidak diselesaikan.
  5. Alternatif solusi/pemecahan masalah berupa tindakan (action) terbaik yang diperkirakan dapat menyelesaikan masalah.
Untuk mempermudah kita memahami tentang cara menulis latar belakang masalah dalam membuat PTK mari kita lihat contoh latar belakang masalah berikut:
Contoh Cara Mengembangkan Latar Belakang Masalah pada sebuah Proposal PTK atau Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) 


No comments:

Post a Comment