PERSAMAAN SERTA PERBEDAAN BIMBINGAN KONSELING KELOMPOK
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami DISINI
Bimbingan dan konseling adalah suatu program yang diberikan oleh seorang konselor di sekolah maupun yang membuka praktek di luar sekolah. Salah satu layanannya adalah bimbingan konseling dan konseling kelompok. Tentu saja secara pelaksanaan melalui suatu kelompok yang dibentuk sedemikian rupa agar pelaksanaan layanan ini mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk penjelasan tentang bimbingan kelompok dan konseling kelompok silahkan klik disini. Sekarang kita akan membahasa tentang persamaan dan perbedaan konseling kelompok.
ASPEK | BIMBINGAN KELOMPOK | KONSELING KELOMPOK |
Tujuan Khusus | Pembahasan topik-topik umum secara luas dan mendalam yang bermanfaat bagi para anggota kelompok. | Pembahasan dan pemecahan masalah pribadi yang dialami oleh masing-masing anggota kelompok. |
Jumlah Anggota | Dibatasi 10-15 orang | Dibatasi sampai sekitar 10 orang |
Fungsi Layanan | Pemahaman dan pengembangan | Pengentasan dan advokasi |
Azaz | Menekankan pada asas kesukarelaan | Menekankan pada asas kerahasiaan |
Materi Layanan | Topik Bahasan | Masalah pribadi anggota kelompok |
Format Kegiatan | Kelompok kecil dengan empat tahap kegiatan | Kelompok kecil dengan empat tahap kegiatan |
Pengaruh Layanan | Memanfaatkan dinamika kelompok | Memanfaatkan dinamika kelompok |
Kriteria Anggota Kelompok | Homogen | Homogen |
Peranan Anggota Kelompok | Aktif membahas permaslahan atau topik umum tertentu yang hasil pembahsannya itu berguna bagi para anggota kelompok : 1. Berpartisipasi aktif dalam dinamika interaksi social 2. Menyumbang bagi pembahasan masalah 3. Menyerap berbagai informasi untuk diri sendiri | Aktif membahas permasalahan tertentu (masalah pribadi) dalam membantu memecahkan masalah kawan sekelompok: 1. Berpartisipasi aktif dalam dinamika interaksi social 2. Menyumbang bagi pemecahan masalah pribadi kawan sekelompok 3. Menyerap berbagai informasi, saran, dan berbagai alternatif un tuk memecahkan masalahnya sendiri |
Sifat isi pembahasan | 1. Sosial /Umum 2. Tidak rahasia |
1. Pribadi
2. Rahasia
|
Lama dan frekuensi kegiatan | Sesuai dengan kontrak waktu pelaksanaan layanan | Sesuai dengan kontrak waktu pelaksanaan layanan |
Evaluasi | 1. Evaluasi proses : keterlibatan anggota 2. Evaluasi isi: kedalaman pembahasan 3. Evaluasi dampak: pemahaman dan dampak kegiatan terhadap anggota | 1. Evaluasi proses: keterlibatan anggota 2. Evaluasi isi: kedalaman dan ketuntasan pembahasan 3. Evaluasi dampak: sejauh mana anggota yang masalah pribadinya dibahas merasa mendapatkan alternatif pemecahan masalahnya. |
Pelaksana | Konselor | Konselor |
No comments:
Post a Comment