Monday, January 30, 2017

Sebuah Pengantar PTK

Sebuah Pengantar PTK

  JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

         

Atau Cek FB Kami  DISINI  


Situs ini akan membahas seri tindakan kelas secara menyeluruh. Kami dari tim admin situs mengambil rujukan dari buku-buku dan literatur lain yang bermutu.

Dewasa ini, penelitian tindakan kelas (PTK)  menjadi populer di kalangan pemangku hajat (stakeholders) terutama para guru dalam rangka memenuhi persyaratan administratif dalam pengembangan kariernya. Situs kami mencoba untuk memberi kontribusi kepada rekan-rekan guru berupa tulisan-tulisan mengenai topik-topik terkait penelitian tindakan kelas.

Kami berencana untuk mengkompilasi tulisan-tulisan kami dalam situs ini dalam bentuk buku ke depannya nanti dan akan kami bagikan. Semoga kehadiran situs ini dengan pembahasan tentang PTK dapat bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian


(PTK) SMP PKn

 (PTK) SMP PKn

  JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

         

Atau Cek FB Kami  DISINI  

 

Postingan kali ini masih bertautan dengan tema PTK seperti postingan sebelumnya. Kali ini kami akan menyajikan untuk Anda tentang contoh penelitian tindakan kelas (PTKSMP bidang studi PKn. Seperti yang telah kita pahami semua bahwa disamping untuk kepentingan pengembangan karier, PTK juga merupakan tuntutan profesi guru di Indonesia belakangan ini. Sesuai dengan arti dari PTK itu sendiri yakni bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

PTK Sekolah Menengah Pertama/SMP untuk bidang studi PKn ini kami nukilkan dari sumber yang terbuka, yaitu Library Universitas Negeri Semarang. Kompilasi kami akan memudahkan Anda untuk mendapatkan rujukan yang bermutu dalam menyusun penelitian tindakan kelas Anda.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) Sekolah Menengah Pertama/SMP untuk bidang studi PKn ini bisa langsung Anda download dari website www.informasiguru.com ini dan file dari unduhan tersebut berformat pdf. Anda dapat mengunduh program pdf reader/ program pembaca berkas pdf di sini apabila Anda belum memilikinya karena untuk bisa membaca file berekstensi pdf harus memiliki program pdf reader tersebut.

Selanjutnya, silahkan Anda simak berbagai contoh judul penelitian tindakan kelas (PTKSMP bidang studi PKn yang bisa dijadikan referensi nantinya!
  • PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PKn DI KELAS VIII G SMP NEGERI 22 SEMARANG
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Menengah Pertama/SMP, PKn, Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran

  • PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP N I GODONG GROBOGAN
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Menengah Pertama/SMP, PKn, Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Godong Grobogan


  • PEMANFAATAN LABORATORIUM PANCASILA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 BANTUL
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Menengah Pertama/SMP, PKn, Pemanfaatan Laboratorium Pancasila, Media Pembelajaran PKn, Bantul
  • PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DAN KONVENSIONAL MATERI KEBEBASAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MAPEL PKn KELAS VII MTs NU Ungaran Semarang
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Menengah Pertama/SMP, PKn, Metode Kooperatif Tipe Scramble dan Konvensional, Kelas Vii MTs NU, Ungaran, Semarang
  • PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DENGAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VII SMP NEGERI 04 RANDUDONGKAL PEMALANG
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Menengah Pertama/SMP, PKn, Metode Pembelajaran dengan Media Mind Map, Kelas VII, Randudongkal, Pemalang
  • KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 SEMARANG
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Menengah Pertama/SMP, PKn, Kooperatif Tipe Jigsaw, Kelas VIII, Semarang
  • PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP N 3 DOPLANG
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Menengah Pertama/SMP, PKn, Pengembangan Instrumen Penilaian PKn, Doplang
  • IMPLEMENTASI NILAI – NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 3 GRINGSING BATANG
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Menengah Pertama/SMP, PKn, Implementasi Nilai-nilai Demokrasi, Gringsing, Batang
  • Penerapan Alat Evaluasi Non Tes Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah 8 Limbangan

Sebuah Pengantar PTK

Sebuah Pengantar PTK

  JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

         

Atau Cek FB Kami  DISINI  



Situs ini akan membahas seri tindakan kelas secara menyeluruh. Kami dari tim admin situs mengambil rujukan dari buku-buku dan literatur lain yang bermutu.

Dewasa ini, penelitian tindakan kelas (PTK)  menjadi populer di kalangan pemangku hajat (stakeholders) terutama para guru dalam rangka memenuhi persyaratan administratif dalam pengembangan kariernya. Situs kami mencoba untuk memberi kontribusi kepada rekan-rekan guru berupa tulisan-tulisan mengenai topik-topik terkait penelitian tindakan kelas.

Kami berencana untuk mengkompilasi tulisan-tulisan kami dalam situs ini dalam bentuk buku ke depannya nanti dan akan kami bagikan. Semoga kehadiran situs ini dengan pembahasan tentang PTK dapat bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.

Salam,

Sunday, January 29, 2017

Judul PTK lengkap, SD, SMP, SMA

Judul PTK lengkap, SD, SMP, SMA 


  JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

         

Atau Cek FB Kami  DISINI  


Kumpulan  contoh-contoh PTK SD :
  • MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI UMBULWIDODO NGEMPLAK SLEMAN  Halaman DepanBab 1Bab 2Bab 5Lampiran
  • PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 TIPARKIDUL AJIBARANG BANYUMAS TAHUN 2011/2012  Halaman DepanBab 1Bab 2Bab 5Lampiran
  • PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN, SISWA KELAS V SD N NGARGOSARI, NGARGOSARI SAMIGALUH, KULON PROGO Halaman DepanBab 1Bab 2Bab 5Lampiran
  • IMPLEMENTASI PENDEKATAN TAKTIS DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS DI SD NEGERI 3 LURAGUNG LANDEUH KABUPATEN KUNINGAN : Penelitian Tindakan Kelas di SDN 3 Luragung Landeuh – Kabupaten Kuningan: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIbab IVBab VDaftar Pustaka
  • PENERAPAN PEMBELAJARAN PERMAINAN TARGET (TARGET GAMES) UNTUK MENINGKATKAN WAKTU AKTIF BELAJAR GERAK DASAR MANIPULATIF SISWA : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN 3 Karanganyar Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2012/2013: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  • PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL TANPA ALAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS PADA SISWA KELAS IV SDN CIKAREO KAB. CIANJUR : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Cikareo Kab. Cianjur: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  • PENGGUNAAN BOLA SOFT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN WAKTU AKTIF BELAJAR BERMAIN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS V SDN CISITU II BANDUNG : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Cisitu II: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  • PENERAPAN MEDIA AUDIO DAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MELALUI AKTIVITAS SENAM SI BUYUNG : Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas III SD Negeri 1 Pasirgeulis: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  • UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LARI DAN LOMPAT : Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas 4 SDN Sukarasa 4 Bandung: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  • PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR BOLA TANGAN MINI PADA SISWA KELAS IV SDN I COGREG BOGOR : Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SDN 1 Cogreg Kabupaten Bogor: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  • PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP FOTOSINTESIS : Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kordon II Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2011/2012: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  • IMPLEMENTASI PERMAINAN GOBAG SODOR TERHADAP KERJASAMA DAN KEPEDULIAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Cijawura 6 Kecamatan Buah Batu Kota Bandung: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  • MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PEMBAGIAN BILANGAN DUA ANGKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KELERENG DAN STIK ES KRIM ( Penelitian Tindakan Kelas di SDIT Adzkia 1 Kelas II Semester II Tahun Ajaran 2011/2012 Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi ): Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  • MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI AJAR MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE SIMULASI (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Pantiwinaya Semester II Tahun Ajaran 2011/2012 Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang ): Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  • PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG OPERASI PENGURANGAN DAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN MAGNETIK DAN DVD BERWARNA (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Patrakomala Kelas IV Semester II Tahun Ajaran 2011/2012 Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung): Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERPIMPIN (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MENGENAI DAMPAK GLOBALISASI (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cisalasih Kelas VI Semester II Tahun Ajaran 2011/2012 Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat): Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Bab Perkembangan Teknologi di Kelas IV SDN 1 Sende Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon): Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  • PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH MASA PENJAJAHAN JEPANG (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat): Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
PTK SMP
Download contoh laporan PTK SMP dari link berikut:
  1. PENERAPAN PENDEKATAN MODIFIKASI PERMAINAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FLYING SHOT DALAM PERMAINAN BOLA TANGAN : Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIII SMP Negri 12 Bandung: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  2. PENERAPAN PENDEKATAN TAKTIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DAN BANK SHOT DALAM PERMAINAN BOLABASKET : Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 13 Bandung: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  3. IMPLEMENTASI PENDEKATAN TAKTIS PADA PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN SEPAK BOLA DALAM UPAYA MENINGKATKAN NILAI KERJASAMA : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMP YAS Bandung: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  4. MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM MEMBUAT KARYA SENI KRIYA KERAMIK MELALUI PENDEKATAN CTL : Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran Seni Budaya di Kelas VII C SMP Negeri 3 Rajagaluh: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
  5. PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP FOTOSINTESIS : Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kordon II Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2011/2012: Daftar IsiBab IBab IIBab IIIBab IVBab VDaftar Pustaka
PTK SMA

Definisi Apa Itu PTK

Definisi Apa Itu PTK


  JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

         

Atau Cek FB Kami  DISINI  


Apakah Penelitian Tikdakan Kelas (PTK) itu ? 



Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencobakan hal-hal baru pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran. 



Berdasarkan jumlah dan sifat perilaku para anggotanya, PTK dapat berbentuk individual dan kaloboratif, yang dapat disebut PTK individual dan PTK kaloboratif. Dalam PTK individual seorang guru melaksanakan PTK di kelasnya sendiri atau kelas orang lain, sedang dalam PTK kaloboratif beberapa orang guru secara sinergis melaksanakan PTK di kelas masing-masing dan diantara anggota melakukan kunjungan antar kelas. 



PTK memeliki sejumlah karakteristik sebagai berikut : 


Bersifat siklis, artinya PTK terlihat siklis-siklis (perencanaan, pemberian tindakan, pengamatan dan refleksi), sebagai prosedur baku penelitian.


Bersifat longitudinal, artinya PTK harus berlangsung dalam jangka waktu tertentu (misalnya 2-3 bulan) secara kontinyu untuk memperoleh data yang diperlukan, bukan "sekali tembak" selesai pelaksanaannya.


Bersifat partikular-spesifik jadi tidak bermaksud melakukan generalisasi dalam rangka mendapatkan dalil-dalil. Hasilnyapun tidak untuk digenaralisasi meskipun mungkin diterapkan oleh orang lain dan ditempat lain yang konteksnya mirip.


Bersifat partisipatoris, dalam arti guru sebagai peneliti sekali gus pelaku perubahan dan sasaran yang perlu diubah. Ini berarti guru berperan ganda, yakni sebagai orang yang meneliti sekali gus yang diteliti pula.


Bersifat emik (bukan etik), artinya PTK memandang pembelajaran menurut sudut pandang orang dalam yang tidak berjarak dengan yang diteliti; bukan menurut sudut pandang orang luar yang berjarak dengan hal yang diteliti.


Bersifat kaloboratif atau kooperatif, artinya dalam pelaksanaan PTK selalu terjadi kerja sama atau kerja bersama antara peneliti (guru) dan pihak lain demi keabsahan dan tercapainya tujuan penelitian.


Bersifat kasuistik, artinya PTK menggarap kasus-kasus spesifik atau tertentu dalam pembelajaran yang sifatnya nyata dan terjangkau oleh guru; menggarap masalah-masalah besar.


Menggunakan konteks alamiah kelas, artinya kelas sebagai ajang pelaksanaan PTK tidak perlu dimanipulasi dan atau direkayasa demi kebutuhan, kepentingan dan tercapainya tujuan penelitian.


Mengutamakan adanya kecukupan data yang diperlukan untuk mencapai tujuan penelitian, bukan kerepresentasifan (keterwakilan jumlah) sampel secara kuantitatif. Sebab itu, PTK hanya menuntut penggunaan statistik yang sederhana, bukan yang rumit.


Bermaksud mengubah kenyataan, dan situasi pembelajaran menjadi lebih baik dan memenuhi harapan, bukan bermaksud membangun teori dan menguji hipotesis.

Tujuan PTK sebagai berikut :


Memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru demi tercapainya tujuan pembelajaran.


Memperbaiki dan meningkatkan kinerja-kinerja pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.


Mengidentifikasi, menemukan solusi, dan mengatasi masalah pembelajaran di kelas agar pembelajaran bermutu.


Meningkatkan dan memperkuat kemampuan guru dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat bagi siswa dan kelas yang diajarnya.


Mengeksplorasi dan membuahkan kreasi-kreasi dan inovasi-inovasi pembelajaran (misalnya, pendekatan, metode, strategi, dan media) yang dapat dilakukan oleh guru demi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran.


Mencobakan gagasan, pikiran, kiat, cara, dan strategi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran selain kemampuan inovatif guru.


Mengeksplorasi pembelajaran yang selalu berwawasan atau berbasis penelitian agar pembelajaran dapat bertumpu pada realitas empiris kelas, bukan semata-mata bertumpu pada kesan umum atau asumsi.

Manfaat PTK


Menghasilkan laporan-laporan PTK yang dapat dijadikan bahan panduan guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Selain itu hasil-hasil PTK yang dilaporkan dapat menjadi bahan artikel ilmiah atau makalah untuk berbagai kepentingan, antara lain disajikan dalam forum ilmiah dan dimuat di jurnal ilmiah.


Menumbuhkembangkan kebiasaan, budaya, dan atau tradisi meneliti dan menulis artikel ilmiah di kalangan guru. Hal ini telah ikut mendukung professionalisme dan karir guru.


Mampu mewujudkan kerja sama, kaloborasi, dan atau sinergi antar-guru dalam satu sekolah atau beberapa sekolah untuk bersama-sama memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan mutu pembelajaran.


Mampu meningkatkan kemampuan guru dalam menjabarkan kurikulum atau program pembelajaran sesuai dengan tuntutan dan konteks lokal, sekolah, dan kelas. Hal ini memperkuat dan relevansi pembelajaran bagi kebutuhan siswa.


Dapat memupuk dan meningkatkan keterlibatan , kegairahan, ketertarikan, kenyamanan, dan kesenangan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas yang dilaksanakan guru. Hasil belajar siswa pun dapat meningkatkan.


Dapat mendorong terwujudnya proses pembelajaran yang menarik, menantang, nyaman, menyenangkan, dan melibatkan siswa karena strategi, metode, teknik, dan atau media yang digunakan dalam pembelajaran demikian bervariasi dan dipilih secara sungguh-sungguh.

Prosedur Pelaksanaan PTK



1. Menyusun proposal PTK. Dalam kegiatan ini perlu dilakukan kegiatan pokok, yaitu; (1) mendeskripsikan dan menemukan masalah PTK dengan berbagai metode atau cara, (2) menentukan cara pemecahan masalah PTK dengan pendekatan, strategi, media, atau kiat tertentu, (3) memilih dan merumuskan masalah PTK baik berupa pertanyaan atau pernyataan sesuai dengan masalah dan cara pemecahannya, (4) menetapkan tujuan pelaksanaan PTK sesuai dengan masalah yang ditetapkan, (5) memilih dan menyusun persfektif, konsep, dan perbandingan yang akan mendukung dan melandasi pelaksanaan PTK, (6) menyusun siklus-siklus yang berisi rencana-rencana tindakan yang diyakini dapat memecahkan masalah-masalah yang telah dirumuskan, (7) menetapkan cara mengumpulkan data sekaligus menyusun instrumen yang diperlukan untuk menjaring data PTK, (8) menetapkan dan menyusun cara-cara analisis data PTK.



2. Melasanakan siklus (rencana tindakan) di dalam kelas. Dalam kegiatan ini diterapkan rencana tindakan yang telah disusun dengan variasi tertentu sesuai dengan kondisi kelas. Selama pelaksanaan tindakan dalam siklus dilakukan pula pengamatan dan refleksi. baik pelaksanaan tindakan, pengamatan maupun refleksi dapat dilakukan secara beiringan, bahkan bersamaan. Semua hal yang berkaitan dengan hal diatas perlu dikumpulkan dengan sebaik-baiknya.



3. Menganalisis data yang telah dikumpulkan baik data tahap perencanaan, pelaksnaan tindakan, pengamatan, maupun refleksi. Analisis data ini harus disesuaikan dengan rumusan masalah yang telah ditetapkan. Hasil analisis data ini dipaparkan sebagai hasil PTK. Setelah itu, perlu dibuat kesimpulan dan rumusan saran.



4. Menulis laporan PTK, yang dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan menganalisis data. Dalam kegiatan ini pertama-tama perlu ditulis paparan hasil-hasil PTK. Paparan hasil PTK ini disatukan dengan deskripsi masalah, rumusan masalah, tujuan, dan kajian konsep atau teoritis. Inilah laporan PTK.